Hobi Jadi Pekerjaan

Sulfi Maulid Diana 
Berkiprah di dunia perhotelan, Sulfi Maulid Diana memiliki kesibukan yang luar biasa. Namun Sulfi sapaan akrabnya, tetap tak melupakan hobinya, yaitu membuat kue. Gadis 20 tahun ini mengaku, membuat kue adalah hobi yang menyenangkan. Dan hobi ini juga mampu menambah penghasilan dirinya sebagai pekerja hotel. 
Sulfi mulai belajar membuat kue sejak kecil. Awalnya, ia hanya membantu orang tuanya, yang kerap mendapat pesanan kue. Ia beberapa kali mencoba untuk membuat kue sendiri. 
”Waktu saya mencoba buat sendiri, ibu yang saya minta untuk mencicipi. Dan kata ibu, kue buatan saya lebih enak,’’ katanya. 
Dari situlah, kemudian Sulfi bertekat untuk mendalami. Saat ia jalan-jalan, Sulfi pun kerap mencari buku atau resep masakan atau resep kue. Ketika sampai di rumah, ia juga langsung melakukan percobaan. 
”Ini yang menantang bagi saya, yaitu mencoba resep baru. Karena meskipun bahannya sesuai dengan yang ada di buku resep, belum berarti bisa jadi sesuai yang diharapkan,’’ akunya.
Gadis asli Malang ini mengaku, kadang harus mencoba dua sampai tiga kali, untuk mendapatkan kue yang pas alias sesuai harapan. ”Kalau gak jadi ya coba lagi, begitu seterusnya, sampai mendapatkan bentuk dan rasa yang pas,’’ tambahnya.
Sulfi yang memiliki memegang jabatan sebagai Pastry Cook ini mengaku, tak jarang membawa resep baru itu di hotelnya. Tapi demikian, sebelum kue itu dibuat, dia akan lebih dulu mengkonsultasikan kepada General Manager.  
”Kalau GM setuju, maka resep baru itupun masuk dalam buku menu. Nah ini kepuasan tersendiri bagi saya, karena selain membuat kue, juga andil melengkapi menu di buku menu makanan,’’ ungkapnya. 
Sulfi juga mengatakan, meskipun membuat kue relatif mudah, namun jika dilakoni cukup rumit. Bahkan, jika kondisinya sedang tidak mood, maka akan mempengaruhi bentuk dan rasa kue. 
”Makanya itu, saya selalu bilang kepada teman-teman, agar saat membuat kue selalu dalam keadaan senang gembira. Jadi aura kegembiraan itu, akan menular pada bentuk dan rasa kue,’’ tambahnya. 
Sulfi juga mengatakan ingin mengembangkan hobinya ini dengan membuka gerai untuk menjual kue buatannya. Dengan memiliki gerai sendiri, Sulfi yakin akan banyak kue yang diciptakan dan bisa dirasakan masyarakat. 
”Sekarang mulai menabung. Ya doakan tahun depan sudah bisa buka gerai sendiri,’’ ungkapnya. Saat ini selain dia bekerja di hotel, Sulfi juga kerap melayani pesanan dari masyarakat. Dan semua dilakoni Sulfi dengan sangat bahagia.(ira/ary)
 
 

Berita Terkait