Pernah Jelajah Pramuka Kepanjen-Pantai Selok


MALANG – Shalsabilla Febriantika, 19, mahasiswi Manajemen UMM terus mencatatkan capaian demi mengeksplorasi diri dan bakatnya. Sejak masih SMA, Shalsabilla sudah menorehkan prestasi pribadi, hingga akhirnya mencapai banyak hal ketika memasuki bangku kuliah.
Saat duduk di bangku SMAN 1 Kepanjen, dia telah memenangkan juara 2 lomba penulisan cagar budaya dari Jambore Kepurbakalaan Provinsi Jawa Timur. Dia meraih capaian ini saat aktif di Dewan Ambalan Brawijaya, organisasi pramuka SMAN 1 Kepanjen. “Itu pengalaman tak terlupakan, bisa mewakili sekolah dan Kabupaten Malang, dan bisa dapat juara 2 penulisan cagar budaya,” katanya kepada Malang Post.
Gadis yang juga anggota paguyuban Joko Roro Kabupaten Malang tersebut mengungkapkan, aktivitasnya di pramuka sudah dimulai sejak SMP. Sehingga, kecintaannya terhadap dunia pandu, menuntunnya ke berbagai kegiatan seru. Selain mewakili SMAN 1 Kepanjen dan Kabupaten Malang di tingkat provinsi, Shalsabilla juga merasakan jelajah yang menggembleng mental.
“Saya ikut Penempuhan Brevet Pengembara dan TKU Laksana, melaksanakan giat jelajah dari Kepanjen menuju pantai Selok dengan jarak sekitar 45 kilometer. Perjalanan itu dilakukan dengan jalan kaki dan juga membawa barang yang diperlukan,” ujar alumnus SDN 1 Kepanjen tersebut.
Shalsabilla menempuh penjelajahan ini bersama rekan-rekannya selama dua hari satu malam. Dia membawa perbekalan, layaknya pramuka yang menjelajahi berbagai jalur sebelum tiba di pantai Selok. Dia mengaku tidak percaya bisa menjalani penjelajahan ini. Namun, terbukti dia bisa sampai tujuan.
Pengalaman inilah yang membentuknya sebagai remaja yang pantang menyerah. “Jelajah itu tantangan terbesar aku untuk melawan rasa tidak percaya diri. Aku memaknainya, jangan mengeluh sebelum mencoba. Ketika berani mengawali, juga harus berani menyelesaikannya,” kata Shalsabilla.
Dengan modal mental, dan pengalaman yang tak terlupakan ini, alumnus SMPN 3 Kepanjen ini berani terjun ke dunia yang baru. Yakni, dunia duta wisata dan duta lantas. Tahun 2018 lalu, dia masuk top 7 Duta Wisata Kabupaten Malang. Dia juga meraih juara 1 Duta Lantas Polres Malang.
Shalsabilla pun meraih juara harapan 3 Duta Lantas Polda Jatim di tahun 2018. Shalsabilla juga aktif dalam komunitas sosial Ketimbang Ngemis Malang, serta Himpunan Jurusan Manajemen UMM.(fin)

Berita Lainnya :