Semangat Pelajari Tari



Imastuti Maharani, yang akrab dipanggil Imas merupakan salah satu perempuan yang tengah mendalami tari tradisional. Menurutnya, tidak semua orang memiliki basik dalam seni tari, meski tari bisa diperlajari oleh semua orang.
“Kalo aku punya basik di tari tradisional. Karena kalo bicara tentang tari modern seperti kontemporer atau modern dance, aku nggak begitu bisa dan nggak begitu paham. Selain itu aku memilih tari tradisional karena ingin melestarikan budaya bangsa,” ujar Imas dengan senyum manis.
Perempuan kelahiran Malang, 8 MAret 1998 itu mengatakan, jika tidak ada salahnya untuk memepelajari jenis tari. Baik kesenian tari yang berasal dari timur atau barat. Ia juga tidak menyangkal jika tari modern sangat digemari oleh pemuda.
“Memang sedikit kecewa, karena kebanyakan pemuda saat ini melupakan budaya tari taradisi dan lebih bangga mengadopsi modern dance,” bebernya. Imas juga menyesalkan jika Indonesia yang kaya budaya tari tradisi malah dilupakan.
Padahal, lanjut dia, dalam setiap gerak dan runtutan tari tradisi mempunyai banyak makna dalam kehidupan.
“Dari situ aku punya semangat buat mempelajari tari tradisi dan menyalurkan ilmu yang aku dapat. Jika tradisi kita saat ini mulai mengalami dekadensi, bagaimana dengan esok,” keluhnya.
Kini dalam menghabiskan akhir pekannya, setiap minggu ia sempatkan untuk mengajar seni tari di sekolah dasar dan di rumah.
“Dengan memberi bekal pada anak-anak kecil melalui tari, aku ingin mereka tahu identitas bangsa mereka seperti apa, dan budaya mereka seperti apa,” tandasnya. (eri/bua)

Berita Lainnya :