Setiap Hari Berkunjung ke Masyarakat

 
TUGAS seorang polisi adalah menjaga keamanan. Untuk meningkatkan Kamtibmas di suatu wilayah, salah satunya dengan melakukan pendekatan terhadap masyarakat. Hal itulah yang selama ini dilakukan oleh Kasatbinmas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni.
Menurut wanita kelahiran 23 November 1971 ini, keamanan wilayah akan tetap terjaga jika hubungan dan komunikasi antara polisi dengan masyarakat bisa terjalin dengan baik. Karenanya, hampir setiap hari ia selalu sempatkan untuk berkunjung ke beberapa wilayah. Itu dilakukan sekadar silaturrahmi dengan masyarakat serta tokoh masyarakat.
“Silaturrahmi ke masyarakat kami lakukan untuk menjaring aspirasi masyarakat. Selain sosialisasi tentang keamanan, juga menampung permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan kedekatan itu, maka ketika ada suatu masalah bisa cepat terselesaikan,” ungkap Nunung.
Mantan Kasubag Humas Polres Malang Kota ini mengatakan, tugasnya sebagai Kasatbinmas adalah melakukan pembinaan kepada masyarakat. Meliputi kegiataan pemberdayaan Polmas (Polisi Masyarakat), ketertiban masyarakat dan kegiatan koordinasi dengan bentuk pengamanan swakarsa. Termasuk bekerjasama dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
“Kami sampaikan kepada masyarakat, untuk terus mengaktifkan pos kamling. Dengan adanya kegiatan pos kamling yang dilakukan setiap hari, maka akan tercipta keamanan,” ujar ibu empat anak ini.
Selain sosialisasi tentang Kamtibmas, Nunung juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama kepada pendatang atau orang yang tidak dikenal. Ia meminta supaya ketika ada tamu yang menginap 1 x 24 jam untuk wajib lapor.
Tidak hanya itu, sebagai Kasatbinmas, Nunung juga berkewajiban membina hubungan kerjasama dengan organisasi, lembaga, tokoh sosial masyarakat dan instansi pemerintah. Khususnya instansi Polsus, PNS dan Pemda dalam kerangka otonomi daerah, dalam rangka peningkatan kesadaran dan ketaatan warga masyarakat pada hukum dan peraturan.(agp/jon)

Berita Lainnya :