Kumpulan Nasehat Bijak Bagi Muslimah

Judul Buku        : 99 Notes for Muslimah
Penulis            : Satria Nova
Penerbit        : Mizania
Tahun Terbit        : Cetakan 1, April 2017
Jumlah Halaman    : 196 halaman
ISBN            : 978-602-418-157-4
Peresensi        : Khairul Amin, Alumnus Universitas Muhammadiyah Malang


Jamak di masyarakat, peran seorang  muslimah hanya terbatas pada ruang lingkup domestik; dapur, sumur, kasur. Namun demikian, moderenisasi telah merubah segalanya, tanpa mengabaikan peran pada ruang tersebut, saat ini muslimah bisa menjamah ruang publik melalui pekerjaan, politik, maupun karier. Namun demikian, potensi ini jelas menjadi ancaman muslimah dalam menjalankan peran sesungguhnya, menjadi istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya.

Berkaitan dengan hal tersebut, buku karya Satria Nova ini memuat nasehat-nasehat bijak bagi muslimah agar sukses menjalani peran ranah domestik juga publik secara bersamaan. Pada gilirannya akan tercipta muslimah sukses dunia-akhirat.

Nasehat pertama bagi muslimah adalah kewajiban menuntut ilmu. Tugas berat sebagai seorang istri juga ibu bagi anak-anaknya harus ditopang dengan ilmu, utamanya ilmu agama. Tanpanya, muslimah akan kesulitan menjalani hidup secara benar sesuai dengan ajaran Allah (hal 18).

Dalam lingkup pribadi muslimah, ilmu akan menuntun dirinya dalam beribadah, menyelesaikan berbagai urusan pribadi yang berkaitan erat dengan muslimah, mulai dari permasalahan shalat, puasa, haid, nifas, maupun berkaitan dengan interaksi sosial, baik ditingkat keluarga maupun masyarakat.

Muslimah dalam beribadah harus lebih berhati-hati, jangan sampai keinginan kuat beribadah tidak diimbangi oleh ilmu yang cukup, sehingga apa yang diupayakan hanya menjadi sia-sia. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam beribadah adalah ketepatan niat, sebab banyak amal yang tidak sah tanpa niat, begitu juga banyak amal yang ditolak karena niat yang salah.

Dalam tingkat keluarga, ilmu juga akan menjadi pendukung utama dalam upaya membentuk buah hati yang sholeh maupun sholehah. Bekal ilmu akan menjadikan muslimah menjalani peran sebagai ibu berjalan maksimal, sehingga peran utama sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya berjalan sesuai tuntunan agama (hal 21).

Namun demikian, menuntut ilmu bagi muslimah tidak hanya terpaku di ruang kelas, tapi bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan cara apa saja. Serta, tidak hanya terpaku pada ilmu atau pengetahuan formal, pendidikan informal juga akan sangat mendukung para muslimah dalam menjalani kehidupan nyata. Agar ilmu bisa cepat diserap, setiap muslimah butuhk kepekaan dan rasa tidak mudah puas diri, tidak malu untuk menimba ilmu pada siapa saja.

Nasehat lain dalam buku ini adalah tentang pentingnya menjaga empat hal berikut ini; menjaga shalat wajib, puasa ramadhan, menjaga diri, juga taat kepada suami. Menjaga shalat bisa dilakukan dengan menjaga ke khusuan, melaksanakan tepat waktu, tidak malas, juga tidak menunda-nundanya. Jika shalat benar akan membawa muslimah terhindar dari perbuatan dosa dan maksiat. Begitu juga dengan puasa ramadhan.

Selanjutnya menjaga diri, tidak hanya menjaga diri dari zina, tapi dari segala perbuatan yang mendekati zina, termasuk juga menjaga aurat dengan baik. Terakhir, taat kepada suami; dengan melayani suami secara ikhlas, taat apabila diperintah (asalkan bukan kemaksiatan), serta berbakti sepenuh hati kepadanya (hal 54). Jika empat hal tersebut dapat dijaga dan dilakukan, muslimah akan bisa masuk surga lewat pintu mana saja yang dikehendaki.

Nasehat selanjutnya adalah menjaga ucapan. Perempuan dikenal sebagai sosok yang tidak tahan untuk berkomentar atas sesuatu yang dibicarakan. Perempuan kebutuhan bicaranya banyak juga sangat suka dengan obrolan. Potensi ini jelas membahayakan diri muslimah jika tidak bisa menjaganya secara maksimal. Hanya ilmu dan iman yang menjadi benteng utama dalam menjaga ucapan (hal 80).

Nasehat-nasehat bijak lain bagi muslimah juga dinarasikan secra cermat dalam buku karya Satria Nova ini, mulai dari upaya menjadi muslimah panutan, segala hal yang perlu diperhatika saat muslimah terjun di dunia kerja, serta urusan asmara muslimah. Penulis pandai meramu kata, setiap narasi bijak di dalam buku ini mampu memberikan pencerahan tanpa terkesan menggurui.

Berita Terkait