Metode Pengembangan Diri di Zaman Now

Judul Buku    : You Are A Badass
Penulis        : Jen Sincero
Penerbit    : Baca
Cetakan    : 1. 2017
Tebal        : 254 Halaman
ISBN        : 978-602-6486-11-0



Mimpi besar setiap manusia dalam kehidupan ini adalah perubahan, berubah dari kondisi yang tidak baik menjadi baik bahkan sangat baik. Berubah dari situasi tidak nyaman menjadi situasi yang nyaman bahkan sangat nyaman. Demi perubahan inilah manusia rela melakukan Beragam cara dan upaya, karena perubahan itulah yang ternyata menjadi bukti eksistensi manusia itu sendiri.

Sesuai kodrat alam,  wilayah manusia hanyalah ikhtiyar, karena penentu dari segalanya tetaplah yang Maha Kuasa, namun demikian, perubahan itu akan dicapai tetaplah tergatung pada seberapa besar ikhtiyar yang telah dilakukan. Semakin banyak usaha yang dikerjakan, kemungkinan berubah semakin terbuka lebar. Untuk membantu proses demi proses perubahan hidup ke arah yang lebih baik, manusia harus memiliki metode yang jitu sebagai modal utama perjuangan menerjemahkan perubahan sejati tersebut.

You Are A Badas ini adalah buku yang memuat panduan dan metode pengembangan diri yang diyakini memiliki daya ubah yang relatif tinggi. Di dalamnya diurai tentang langkah-langkah strategis dalam menata dan meniti kehidupan sehingga bisa melewati fase demi fase untuk terwujudnya perubahan. Selain itu, buku terbitan Baca ini merupakan kumpulan nasihat yang sarat akan motivasi, pembaca akan diajak berkelana pada dunia asa yang puncaknya adalah lahirnya sikap optimis, percaya diri dan mantap untuk menatap masa depan.
Mewujudkan perubahan hidup pada dasarnya harus diawali dengan sikap percaya diri yang luar biasa, pada awal bab buku ini diurai bahwa manusia memiliki bakat dan kelebihan masing-masing, maka kunci untuk meraih perubahan hidup salah satunya adalah dengan mencoba terus mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Sikap fokus terhadap pengembangan potensi diri inilah yang akan mejadi pintu lahirnya perubahan besar dalam hidup. Tentu kita tak perlu menghiraukan  bakat dan potensi orang lain, cukup jadikan semua itu sebagai referensi, yang terpenting adalah kembangkan terus potensi diri.
Tidak ada orang yang akan sama persis denganmu. Kau diberi anugerah dan bakat istimewa untuk dibagikan kepada dunia. Meskipun setiap orang memiliki anugerah serta bakat istimewa masing-masing, tidak ada yang akan menggunakan bakat mereka sama sepertimu. Kau memiliki cara tersendiri untuk berada di dunia dan perspektif unikmu sendiri. Kau satu-satunya yang memiliki pikiran seperti yang kau pikirkan. (Hal. 42).
Problem klasik yang kadang menghambat proses perubahan hidup manusia adalah sifat pesimis yang berlebihan, kita belum begitu yakin bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan, alhasil untuk mencoba saja kita kadang takutnya setengah mati. Dalam huku ini dijelaskan bahwa pintu untuk menuju perubahan adalah keberanian, dan yakin bahwa kita selau punya kemampuan untuk melakukan sesuatu yang dianggap baik untuk proses perubahan itu sendiri. Maka, berbuat adalah sebuah keniscayaan, karena kita tak mungkin bisa mengetahui ada perubahan atau tidak jika kita tidak melakukan apa-apa.
Karena seringnya ketika berkata bahwa kita tidak memenuhi syarat untuk sesuatu, yang sebenarnya kita katakan adalah kita terlalu takut untuk mencobanya, bukan bahwa kita tidak mampu melakukannya. (Hal. 144). Ternyata, kta bukan tidak mampu melakukan sesuatu, tapi takut untuk mencoba. Maka, masalah ini sudah waktunya dibuang jauh-jauh, sudah saatnya kita berbuat, persoalan gagal atau tidak itu adalah masalah berikutnya.
Hadirnya buku ini bisa menjadi rujukan kita dalam proses pengembangan diri, agar proses perubahan hidup bisa tercapai dengan baik. Nasihat dan petuah yang hadir dalam buku ini sangat pas untuk dijadikan bahan motivasi, apalagi gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bertutur yang sangat renyah, maka siap-siaplah untuk menghadai perubahan hidup. Selamat membaca.

Resensi Ahmad wiyono*
*Pegiat Literasi, tinggal di Pamekasan Madura

Berita Terkait

Berita Lainnya :