Kerja Wartawan Bikin Penasaran Mahasiswa UB


MALANG  - Kunjungan terakhir dari mahasiswa mata kuliah Dasar Komunikasi (Daskom) program studi Agribisnis FP UB disambut sekretaris redaksi, Buari, STP, Jumat (20/4). Kali ini yang melakukan praktik langsung ke Kantor Malang Post adalah kelas I sejumlah 32 peserta. Mereka belajar mengenai sejarah berdirinya Malang Post hingga proses produksi yang terdiri dari pencarian berita, penulisan, penyuntingan, lay out, dan percetakan.
Kunjungan ini dalam rangka memberikan pengetahuan langsung kepada mahasiswa Daskom mengenai media cetak koran dan media massa lainnya sebagai implementasi dari kegiatan praktikum yang dilakukan setiap minggunya di dalam kelas. Bahkan nantinya mereka tidak hanya ke Malang Post namun juga berkunjung ke media elektronik yang ada di Malang seperti UB TV dan RRI.
Kunjungan ini terasa berbeda lantaran salah satu mahasiswa bertanya bagaimana sistem kerja wartawan dan sanksi yang diberikan ketika tidak mendapatkan berita. Menurut Buari, STP, tidak ada wartawan tidak mendapatkan berita, karena setiap orang sudah memiliki pos masing-masing.
“Seperti wartawan kriminal, pendidikan, bisnis, politik, dan lain-lain sudah pasti mendapatkan berita, karena itu merupakan tanggung jawab mereka yang harus dilaksanakan. Dengan masing-masing pos yang diberikan kepada wartawan sebagian besar mereka sudah memiliki link sehingga pasti mereka dapat informasi atau berita,” ujar Buari.
Lebih lanjut, ia menjelaskan, wartawan memiliki dua sistem kerja yakni mencari berita dengan ide sendiri atau berdasarkan penugasan yang diberikan redaktur. Dengan begitu, wartawan sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan di liput.
“Pembagian pos tersebut juga agar tidak terjadi kekosongan halaman dan kami tidak pernah mengalami hal itu. Karena kami sebagai Jawa Pos Grup memiliki jaringan untuk mendapatkan berita khususnya yang berskala Nasional,” ujarnya.
Setelah kurang lebih setengah jam menerima materi, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Tak hanya itu mahasiswa kunjungan juga diberi kesempatan melihat ruang redaksi untuk menyaksikan langsung proses penulisan dan materi koran sebelum dicetak.
Sementara itu, Asisten Praktikum Daskom kelas I, Ghrena Nareswara Langen Sari, mengatakan, kunjungan ke sebuah perusahaan yang berkaitan dengan materi sering diadakan oleh mahasiswa Agribisnis salah satunya pada mata kuliah Daskom ini.
“Matkul Daskom salah satu materi membahas mengenai media massa yang ada di Indonesia, sehingga penting bagi mahasiswa pertanian untuk melakukan kunjungan supaya mereka mengetahui langsung,” ujar Ghrena.
Bahkan kunjungan ini juga memiliki peranan penting bagi mahasiswa yang nantinya terjun langsung ke dalam masyarakat, ketika ada informasi terkait dunia pertanian mereka sudah tidak susah lagi menyalurkan ke media. Terlebih saat kunjungan ke Malang Post sudah mendapat materi khususnya tentang jurnalistik dan kepenulisannya. (mg7/sir/oci)

Berita Lainnya :

loading...