magista scarpe da calcio Mahasiswa UIN Maliki Belajar ke Malang Post


Mahasiswa UIN Maliki Belajar ke Malang Post


MALANG - Sebanyak 35 mahasiswa mata kuliah Pendidikan Jurnalistik jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Maliki Malang melakukan praktik lapang ke kantor Malang Post, Rabu (19/4) . Kunjungan ini disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi Malang Post Dewi Yuhana. Mereka diajak belajar jurnalistik dan bagaimana menjadi seorang jurnalis atau  penulis yang bagus.
Pimpinan Redaksi Malang Post Dewi Yuhana mengatakan, menjadi seorang jurnalis, wartawan, atau penulis tidak dibutuhkan bakat atau gen dari orang tua melainkan kemauan keras untuk terus belajar.
“Menulis itu harus konsisten, tulis saja apa saja yang ada di dalam pikiranmu, jangan berhenti atau terputus bahkan ketika tidak ada ide sama sekali,” ujarnya.
Lebih lanjut Hana, panggilan akrab Dewi Yuhana menuturkan, jurnalis itu tidak boleh sok pintar. Bila wartawan tidak memahami apa yang dibicarakan oleh nara sumber, jangan malu untuk bertanya. Selain itu, seorang wartawan juga harus sebisa mungkin membaca body language nara sumber. Sehingga wawancara menjadi sebuah obrolan yang nyaman serta infromasi yang diharapkan didapatkan. Selain itu juga dituntut untuk menyampaikan sebuah fakta.
“Penting bagi wartawan untuk mampu memposisikan dirinya, kapan dia menjadi wartawan atau kapan dia menjadi teman,” tandasnya.
Tidak hanya menerima materi, peserta kunjungan juga diajak melihat ruang redaksi untuk melihat  sistem kerja wartawan dan redaktur. Mahasiswa dikenalkan satu persatu bagian yang ada di Malang Post, mulai wartawan sesuai pos masing-masing, redaktur, hingga tim lay out. (mg7/oci)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang