Siswa SMKN 1 Kemlagi Studi Media ke Malang Post


MALANG - Sedikitnya 65 siswa-siswi kelas X jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Kemlagi Kabupaten Mojokerto melakukan kunjungan industri dan studi media ke Malang Post kemarin. Tujuannya untuk mengetahui manajemen dan proses produksi Korane Arek Malang ini.
Kedatangan para siswa yang didampingi empat guru pendamping, masing-masing Leli Tri Handayani S.T, Anita Dianasari S.Pd, Bram Lesmana S.Pd dan Kuswantono S.Pd ini diterima Sekretaris Redaksi Malang Post, Abdul Halim di lantai 2 kantor Malang Post, Cluster Apple 1-9 Ruko WOW Sawojajar.
Di hadapan para siswa, Redaktur Komunikasi Bisnis ini menceritakan sejarah singkat Malang Post serta proses kerja wartawan, mulai mencari berita sampai dengan menjadi Koran. ‘’Kalau wartawan mengisi konten koran dengan berita. Tim artistik yang mayoritas dari lulusan Persiapan Grafika membuat halaman koran menjadi lebih cantik dan indah. Nah, kalian anak-anak jurusan Multimedia (MM), bisa membuat video jurnalistik yang kemudian dibarcode di dalam koran. Sehingga masyarakat tidak hanya bisa membaca berita, tapi juga bisa melihat langsung kejadian yang diliput wartawan dengan menscan barcode tadi di koran dengan ponsel,’’ ungkap Halim.
Kuswantono, S.Pd dan Bram Lesmana S.Pd berterima kasih kepada Malang Post yang memberikan kesempatan dan waktu kepada para siswa SMKN 1 Kemlagi untuk menimba ilmu di kantor Malang Post. ‘’Harapannya para siswa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, terkait dengan dunia jurnalistik. Selama ini mereka mengenyam materi yang terkait Multimedia. Ternyata materi ini saling terkait dan saling melengkapi,’’ ungkap keduanya.
"Kegiatan ini semakin menambah wawasan dan pengalaman siswa, khususnya dunia kerja yang terkait dengan multimedia. Semoga banyak ilmu yang bisa didapatkan oleh para siswa setelah mendapatkan penjelasan dan berkunjung langsung ke Malang Post. Sekali lagi terima kasih sudah memberikan pengalaman dan ilmunya. Semoga bermanfaat bagi anak-anak ke depannya," ungkap Leli Tri Handayani yang juga diamini Anita Dianasari S.Pd.
Muhammad Hendri Baskoro, salah satu siswa mengaku senang berkunjung ke Malang Post. ‘’Asyik, nyaman. Dapat ilmu baru, jadi semakin tertantang untuk masuk dunia kerja yang sesungguhnya. Ini pengalaman kami yang baru, sebelumnya belum pernah. Apalagi belajar jurnalistik, tahu cara kerja wartawan mencari berita kemudian diolah menjadi koran yang siap dibaca masyarakat. Sepertinya menyenangkan,’’ ungkapnya sebelum meninggalkan kantor Malang Post.(sir/lim)

Berita Lainnya :