Terbaik, Malang Post Raih IYRA 2018

 
MALANG - Malang Post menambah koleksi prestasi. Korane Arek Malang ini mengukuhkan eksistensi melalui raihan penghargaan Indonesia Young Readers Awards (IYRA) 2018, yang diserahkan di Hotel Mercure Padang, Sumatera Barat  Rabu malam (7/2/18). 
Makin membanggakan, sebab Malang Post menjadi satu-satunya koran dari Jawa Timur yang mendapatkan award untuk kategori Java Region, dalam kompetisi yang digelar SPS dan diserahkan menjelang Hari Pers Nasional (HPN), Jumat (9/2).  Media lain penerima award di kategori ini adalah Tribun Jogja, Pikiran Rakyat dan Radar Bogor. Pemimpin Redaksi Malang Post Dewi Yuhana menerima tropi dan sertifikat yang diserahkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar. 
"Selamat, selamat. Terus berkarya yang lebih baik ya," ujarnya di atas panggung.
Liputan halaman anak muda Malang Post, GenZi, edisi Revolusi Komik Indonesia dinilai para juri merupakan liputan terbaik. Karena menjadi menu bacaan informatif dan bermanfaat untuk kawula muda. Edisi ini pun berhak mendapatkan bronze award. 
Hana, panggilan akrab Dewi Yuhana mengatakan, liputan edisi tersebut mengupas tentang perkembangan komik Indonesia saat ini. Menurut temuan tim GenZi, dibandingkan beberapa tahun lalu, komik karya anak bangsa saat ini semakin menjadi raja di negeri sendiri. Tidak kalah dengan komik Jepang (manga), memiliki ciri khas  dengan jalan cerita yang sangat Indonesia banget. 
Revolusi komik ini pun membawa dampak positif sehingga mendorong minat baca anak muda. Salah satu contoh komik Terlalu Tampan yang ditulis Muhammad Ahmes Avisiena Helvin,  mampu menarik 1,3 juta follower di webtoon. 
Di edisi liputan yang dimuat 20 Desember tahun lalu, Avisiena berbagi kisah tentang aktivitasnya menulis komik, juga suka duka yang harus dihadapi. Tim GenZi yang terdiri dari Nabilla Hefin Rachmawati, Rida Ayu Nabila Kusumawardhani, Robby Wijaya dan Abdurrahman Shihab. Mereka mampu meramu tema tersebut menjadi liputan "bergizi" namun tetap menarik.
"Juri juga menilai tata bahasa, meski target anak muda dengan kosa kata kekinian, namun tidak menghilangkan kata baku sesuai kaidah KBBI," urainya.
Hana mengungkapkan, penghargaan ini menambah award yang pernah diperoleh sebelumnya. 
"IYRA 2018 merupakan yang award ketiga yang diperoleh GenZi Malang Post. Tim GenZi pun siap memberikan liputan-liputan kelas award untuk pembaca setia," katanya.(han)

Berita Lainnya :