Wadah Kreativitas Anak Muda di Malang Raya

 
Untuk menggaet pembaca dari kalangan pelajar, sejak tahun 2010 Malang Post menghadirkan halaman khusus remaja, yakni M-Teens yang kemudian berkembang menjadi GenZi. Halaman ini dikelola oleh jurnalis muda juga yang rata-rata masih duduk di bangku kuliah. Karena menyasar segmen pelajar SMP dan SMA, narasumber yang dihadirkan dalam halaman ini pun juga dari kalangan tersebut.
Tak hanya fokus pada kegiatan peliputan dan pemberitaan (on print), tim M-Teens pun berusaha mengambil hati anak sekolah dengan menggelar kegiatan off print yang dilabeli dengan nama M-Teens School Competition (MSC). Dalam perkembangannya, mulai tahun 2017, nama inipun diubah menjadi Malang Post School Competition (MSC) untuk semakin menguatkan brand Malang Post.
Sejak pertama digelar yakni pada tahun 2011, tim M-Teens sudah berkomitmen untuk menyajikan beragam lomba guna mewadahi kreativitas anak muda di Malang Raya yang bermacam-macam. Mulai dari Mading 3D, band, dance, model hingga dua lomba yang erat kaitannya dengan dunia pemberitaan, yakni jurnalistik dan fotografer. Selain itu, mata lomba yang digelar juga dihadirkan sesuai dengan tren anak muda di tahun itu. Misalnya saja kuis Rangking 1 dan lomba stand up komedi. 
Setiap tahunnya, ribuan siswa ikut serta dalam kegiatan ini. Meski pada awalnya hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi di Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang, dalam perjalanannya banyak siswa dari kota dan kabupaten tetangga yang ikut serta. Seperti Blitar dan Pasuruan.  
Penyelenggaraan pertama MSC dilaksanakan di Aula SMA Tugu dengan sangat sederhana. Meski demikian, antusias peserta maupun penonton sangat meriah. Di tahun kedua, penyelenggaraan dilakukan secara outdoor karena peserta semakin banyak. Halaman depan Malang Post dan sepanjang Jalan Sriwijaya dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pameran. Sedangkan panggung besar didirikan di depan Stasiun Kota Baru Malang yang membuat penyelenggaraan ini semakin semarak. 
Sukses di tahun pertama dan kedua ini disusul dengan sukses di tahun-tahun berikutnya. Keberhasilan menggaet lebih banyak peserta dan penonton ini terukur dari tempat penyelenggaraannya yang setiap tahun pindah ke tempat yang lebih besar. Setelah di tahun 2016 dilangsungkan di Graha Cakrawala, pada penyelenggaraan tahun ini, MSC juga akan digeber di gedung yang sama dengan event-event yang lebih menarik. (nda/van) 

Berita Lainnya :