Antivirus Tak Seratus Persen Melindungi

MALANG - Ada banyak sekali aplikasi antivirus untuk android namun apakah antivirus tersebut benar-benar dibutuhkan? Lalu pekerjaan apa yang sebenarnya dilakukan aplikasi-aplikasi antivirus untuk Android ini?
Kebanyakan dari kita juga menganggap bahwa semua aplikasi antivirus yang ada di Google Play pasti aman. Anggapan tersebut karena aplikasi seharusnya sudah melalui filter Google.
Teknisi Toko dan Jasa Reparasi Komputer Hicomtech, Alfi mengatakan sejatinya virus adalah bagian dari malware. Sementara malware di Android itu benar-benar ada dan terus berkembang.
"Android sendiri adalah sistem operasi smartphone yang bersifat open-source yang dapat dikembangkan oleh siapapun dan penggunanya sangatlah banyak. Jadi tidak heran kalau banyak orang mengembangkan malware untuk Android," kata dia.
Walaupun Google sudah mengecek aplikasi, khususnya antivirus yang akan ditampilkan di Google Play. Namun itu tidak berarti semua aplikasi yang ditampilkan terbebas dari malware. Terlebih malware pada Android dapat muncul dalam berbagai bentuk.
"Maka untuk melawan ancaman malware ini kembali lagi ke diri kita sendiri untuk selalu berhati-hati akan kemungkinan malware dalam semua aplikasi yang akan di-install," jelas Alfi.
Dengan begitu, lanjutnya, antivirus pada Android berguna namun tidak seratus persen secara penuh melindungi. Terlebih antivirus yang disediakan secara gratis. “Namun juga ada yang menyediakan layanan lain seperti remote tracking atau data wipe. Jadi jika smartphone hilang, atau backup data, mereka berguna dan diperlukan,” imbuhnya. (lin/jon)

Berita Lainnya :

loading...