Api Rokok Bisa Sebabkan Laka

 
Kecelakaan lalulintas, ternyata bukan hanya karena human error atau pengendara yang tidak patuh dengan peraturan. Tetapi, merokok saat berkendaraan juga bisa menjadi penyebabnya. Kok bisa?. Ya, percikan abu atau bara api dari rokok, bisa mengganggu pandangan pengendara lain ketika mengenai mata.
Informasi ini, sempat ramai di media sosial (medsos) facebook beberapa hari ini. Kiriman ini kali pertama diunggah oleh akun TMC Polda Metro Jaya. Dalam penjelasan tulisannya, ‘Bagi pengendara, hormati pengguna jalain lain, dengan tidak menghisap rokok sembari berkendara’.
Abu dan bara rokok dapat membahayakan penglihatan pengendara lain ketika masuk ke mata. Iritasi pada mata membuat pengendara lain menjadi kurang fokus dan dapat menyebabkan kecelakaan.
Postingan TMC Polda Metro Jaya inipun, langsung dibagikan beberapa kali. Salah satunya dibagikan oleh pemilik akun Okos Orotnawsun Si Koko pada Komunitas Peduli Malang (KPM). Ia pun juga mengimbau pengendara yang ingin merokok, supaya menepi dan berhenti dulu.
“Sepurane lek isuk-isuk share berita negene. Iki imbauan polisi gawe sing isik seneng rokokan ndik dalan karo nyetir. Lek pingin rokokan mending minggir sik, istirahat nang warung karo ngopi,” tulis Okos Orotnawsun Si Koko.
Terkait dengan informasi inipun, langsung mendapat banyak tanggapan dari para netizen. Seperti, Maliby Ahmed. ‘Dikepruk saja spionnya kalo abu rokoknya kena mata pak’. Ari Arianti, juga menulis ‘Iku imbauan Polda Metro Jaya patuilah ojok ngerudell. Seng ngerudell ancen sering ngono iku’.
Fathor Rakhman, ‘Klw anda terkena abu/asap rokok yg di akibatkan oleh pengendara d depan anda…berarti jarak anda terlalu dekat dgn kendaraan d depan anda...jaga jarak keselamatan berkendara’. Pemilik akun Torro Rosso, ‘Aku tau kena latu rokok perih kena mripat pas naik motor’.(agp) 

Berita Lainnya :