Banjir Setinggi Stang Motor di Jakarta

SEBUAH unggahan di Facebook, menyebut bahwa Jakarta sedang tenggelam. Dengan nada sarkas, akun KataKita menulis warga Jakarta canggih. Masyarakat Jakarta, bermain puluhan drone, dan diparkir di sungai. Akun Facebook tersebut, sudah membagikan link sebanyak 649 kali.
Ada akun lain yang mengunggah foto tersebut. Yakni, akun Yusuf Muhammad, dan telah dibagikan 137 kali. Gambar yang ditampilkan, nyata menggambarkan puluhan sepeda motor dan mobil yang terendam air banjir. Namun, unggahan yang sama, pernah dinaikkan di internet, tentang banjir di Vietnam.
Foto tersebut, sama persis dengan unggahan dari akun KataKita tersebut. Sehingga, dipastikan bahwa informasi ini adalah hoax. Berita yang sebenarnya, adalah berita banjir di Vietnam yang menyebabkan kematian 10 orang. Dalam berita itu, juga disebutkan ada 11 orang hilang dalam banjir.
Ada juga, informasi bahwa banjir di Vietnam ini menyebabkan 14 orang luka-luka. Sehingga, informasi yang diunggah di KataKita, yang menyebut bahwa genangan air setinggi stang sepeda motor ini ada di Jakarta, bisa dipastikan sebagai hoax. 
Kasubbag Humas Polres Malang Kota (Makota), Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, menegaskan masyarakat wajib cerdas. Warganet harus selektif dalam memilih serta mempercayai informasi di media sosial maupun dunia maya. 
“Kami mengimbau warga net untuk bijak dalam bermedia sosial. Jangan sembarangan mempercayai informasi, sebelum ada informasi yang valid,” terang Marhaeni, mengimbau warga agar tidak mudah terpengaruh hoax.
Dia juga mengharapkan, masyarakat tidak ikut menjadi pelaku penyebar hoax. Jika ada informasi dari WhatsApp maupun Facebook yang diragukan kebenaran dan berpotensi hoax, maka Marhaeni meminta warganet untuk tidak menyebarnya. (fin/mar)

Berita Lainnya :