Beredar Kabar Lelang Online Barang Pegadaian


BEREDAR di media sosial Instagram sebuah informasi yang menyebutkan sejumlah barang akan dilelang secara online oleh PT Pegadaian. Dalam informasi tersebut ditampilkan gambar produk seperti ponsel dan sejumlah barang lainnya.
Pengumuman itu terpampang di laman Instagram bernama PT Pegadaian Persero. Akun ini memiliki 802 follower, dan mengikuti 6.492 akun. Setelah itu, akun ini memberi keterangan bahwa akun Instagram dikelola kantor deputy bisnis PT Pegadaian.
Akun juga memberi keterangan bahwa ini adalah pusat barang lelang pegadaian. Kata-kata, dijamin asli original terpampang di akun itu. Termasuk, tawaran free ongkir daerah Jawa, dengan pengiriman dari JNE dan JNT.
Setelah itu, akun mencantumkan nomor WhatsApp di bagian bawah keterangan, bagi netizen yang ingin mendapatkan barang lelang. Meskipun sekilas tampak asli, pemerintah lewat Kementerian Kominfo memastikan informasi ini hoax.
Dari penelusuran tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, informasi ini dipastikan adalah disinformasi. Manajer Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani menjelaskan informasi tersebut tidak benar.
“Itu informasi hoax, tidak benar,” katanya. Dalam akun Instagram tersebut, pengelola akun hoax ini menampilkan berbagai handphone dengan merek terkenal. Misalnya, Oppo, iPhone, Samsung, Xiaomi serta Samsung yang banyak beredar di pasaran.
Meski demikian, karena mendompleng nama Pegadaian, harga yang ditawarkan terkesan murah. Kasubbag Humas Polres Malang Kota (Makota), Ipda Ni Made Seruni Marhaeni menegaskan bahwa jangan mudah percaya dengan apa yang ada di media sosial.
Terutama, informasi yang tidak tervalidasi dan tak memiliki kredibilitas. “Mari perangi hoax dan disinformasi, jangan mudah percaya dengan media sosial hingga mendapatkan kebenaran informasinya,” pinta perwira polisi ini. (fin/mar)