Bisa Untuk Obat Asam Urat


 
BEBERAPA hari terakhir, di media sosial (Medsos) Facebook ramai dengan perbincangan soal manfaat dari daun pegagan. Tanaman yang tumbuh di tanah subur ini, banyak dijumpai dibeberapa tempat di Indonesia. Kandungan daun pegagan ini, diyakini bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti asam urat. 
Gambar daun pegagan inipun, sudah beberapa kali dibagikan di Medsos. Tertulis bahwa tanaman pegagan ini, untuk obat asam urat dan penyakit lainnya. Rasa pegal di kaki dan punggung, berkurang setelah mengkonsumsi daun pegagan ini. 
Caranya bisa diracik seperti teh, ataupun dimakan langsung untuk lalapan serta bisa dibuang untuk sayur pecel. Pemilik akun Moto Key, juga ikut membagikan postingan ini, namun ia menulis masih ragu menggunakan daun pegagan ini untuk obat. 
"Jarene mbah google godonk iki knek gwe ngobati asam urat. Nenk grub iki opo wes ono senk tau nyobak. Soal e mbah q knek asam urat, q kt nyobak ngracikno iki kok rdok wedi soal e oronk tau," tulis Moto Key. 
Terkait postingan inipun, banyak netizen yang membenarkan adanya kasiat tanaman daun pegagan. Salah satunya dari pemilik akun Indri Syah.
"Slama obatx dr tumbuhan alami g usah kwatir bos," ucapnya. 
Pemilik akun Triya Desi Ambarwati, juga ikut membenarkan. Menurutnya daun pegagan juga bisa dimasak sayur asam.
"Di jangan bening," katanya singkat. 
Dari informasi, daun pegagan memiliki nama ilmiah Centella Asiatica. Bentuk daunnya cenderung lebar, asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia, yang tepatnya di daerah-daerah tropis di Asia. Dengan kondisi negara Indonesia yang tropis, maka tidak mengherankan daun pegagan mudah untuk ditemukan di Indonesia.
Sudah banyak pihak yang memanfaatkan daun pegagan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan pengobatan. Daun pegagan sering digunakan untuk membuat teh herbal, selain itu ada juga yang mengonsumsi daun pegagan dengan dimakan mentah-mentah (sebagai lalapan).
Daun pegagan menjadi bahan herbal (alami) yang kaya akan kandungan antoksidan. Pemanfaatannya daun ini sebagai obat tradisional bahkan sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Dimana orang-orang dulu sering memanfaatkan daun pegagan untuk pengobatan penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, pengobatan gangguan saraf dan lainnya.
Bahkan di negara Malaysia, daun pegagan ini telah dijadikan bahan baku untuk produk kesehatan dan kecantikan, seperti produk krim untuk mencegah kerutan pada kulit, krim untuk mengencangkan kulit wajah, dan berbagai jenis krim lainnya dengan fungsi-fungsinya.(agp/jon)

Berita Lainnya :

loading...