Daging Kurban Langsung Dimasak


Idul Adha adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Karena di hari spesial itu, masyarakat melakukan kurban dan yang berhak akan menerima daging hewan kurban. Tidak hanya warga kurang mampu yang menerima pemberian daging hewan kurban. Warga kelas menengah ke atas pun juga mendapatkan daging hewan kurban yang disembelih.
Seiring dengan momen ini, banyak informasi yang bereda di masyarakat, terkait dengan daging kurban. Salah satunya adalah daging hewan kurban yang diterima masyarakat bisa langsung dimasak, tanpa perlu dicuci. Ini agar kualitas daging tidak berubah dan daging tidak keras. Informasi terkait dengan dagung hewan kurban tidak perlu dicuci inipun menyebar di media sosial. Tidak terkecuali di grup WhatsApp. Tidak jarang warga yang menerima pesan itu pun percaya. Tapi benarkah?  
Ketua Umum Malang Care Indonesia, dr Canggih Sakinah Hans MBA yang dikonfirmasi Malang Post mengatakan, informasi daging kurban tak perlu dicuci dan langsung dimasak atau disimpan itu tidak benar. Dia mengatakan, sebelum daging kurban diterima ada proses yang dilalui. Yaitu penyembelihan, pemotongan daging, dan memasukkan daging ke dalam wadah untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat.  ”Saat proses inilah, bisa jadi ada kotoran menempel pada daging kurban. Sehingga keliru jika tidak dicuci,’’ katanya.
Canggih mengatakan, mencuci daging dari hewan kurban wajib dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada daging. Setelah daging dalam kondisi bersih, boleh langsung dimasak atau disimpan. ”Kalau tidak dicuci kemudian langsung dimasak, kotorannya akan ikut termasak, dan ini bisa menjadi penyakit,’’ tambahnya.
Tidak terkecuali daging yang digunakan untuk bakso, dikatakan Canggih juga harus di cuci agar daging bersih dan kualitas baksonya pun terjamin. ”Ada juga informasinya untuk membuat bakso, daging yang akan digiling tidak perlu dicuci dengan alasan bakso tidak kenyal dan tidak empuk. Ini juga tidak benar. Mencuci daging ini tujuannya adalah agar kotoran yang menempel pada daging lepas. Dan daging pun menjadi bersih,’’ tandasnya.(ira/lim)