Facebook Akan Berhenti Sementara

 
Unggahan peringatan bahwa Facebook akan berhenti beroperasi untuk perbaikan mulai bermunculan. Dalam unggahan dunia maya tersebut, Facebook akan berhenti beroperasi menjelang akhir bulan Febuari 2018. Bahkan, tulisan Facebook Closed, please share juga dicantumkan dalam unggahan ini.
Unggahan ini, pertama kali muncul di internet pada 10 Febuari 2018. Meski demikian, teknisi aplikasi DSS Mobile Phone Malang Plasa, Wawan Setiawan mengatakan bahwa tiap tahun bulan Februari, akan muncul netizen usil yang menipu dan menciptakan unggahan hoax soal Facebook yang berhenti beroperasi.
“Facebook tidak pernah berhenti beroperasi sejak diluncurkan,” kata Wawan kepada Malang Post. 
Dia semakin yakin bahwa postingan tersebut hoax karena ada tulisan kecil di bawahnya. Yakni, Facebook ditutup antara tanggal 29 sampai 31 Februari 2018 untuk perbaikan sementara.
Padahal, kalender masehi tidak mencantumkan tanggal 30 dan 31 di bulan Februari. Tanggal 29 hanya muncul empat tahun sekali dalam tahun kabisat. Menurut Wawan, postingan hoax seperti ini seringkali dilontarkan oleh warganet yang usil untuk menipu dunia maya. Pasalnya, kepekaan dalam bersosial media masih rendah di Indonesia.
Masyarakat maya seringkali sering melakukan share informasi tanpa menelaah dan memikirkan isi atau konten dari unggahannya. Sehingga, hal ini dimanfaatkan oleh warganet usil untuk memunculkan berita hoax yang seakan-akan bombastis. Kasubbag Humas Polres Makota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, mengharap warganet untuk bijak dalam bermedsos.
“Kami mendorong masyarakat untuk bijak bermedia sosial. Jangan gampang mengunggah informasi atau konten yang belum jelas sumbernya. Jangan pula cepat menghakimi sebuah informasi tanpa diverifikasi dan divalidkan sesuai sumber terpercaya dan kredibel,” tutup Marhaeni.(fin/jon)

Berita Lainnya :