Hoax, Awal Juli Listrik Naik


MALANG - Beberapa hari lalu beredar di media sosial dan beberapa situs atau website mengenai kabar bakal naiknya Tarif Dasar Listrik (TDL) pada awal Juli 2019. Tidak sedikit warganet yang resah karena isu yang dipastikan hoax tersebut.
Isu mengenai kenaikan tarif dasar listriknya ini salah satunya diunggah di situs klikshare.info dan binpers.com yang diberi judul “Awal Juli Tarif Dasar Listrik Kembali Naik?” dan “Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019”.
Di facebook (public post) juga banyak akun-akun yang membagikan artikel berita dari situs republika.co.id yang berjudul “Awal Juli Tarif Dasar Listrik Kembali Naik”.  Sementara, di Twitter beberapa hastag #turunkantariflistrik bermunculan.
Kabar kenaikan ini telah dibantah oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. “Enggak, enggak ada itu (Kenaikan tarif dasar listrik). Saya nggak pernah tahu sih (Isu kenaikan TDL),” ujar Jonan.
Mantan menteri Perhubungan itu juga menegaskan bahwa kabar yang mengatakan ada kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) adalah hoax. “Saya enggak pernah naikkan tarif, enggak ada kenaikan kok,” katanya.
Jonan pun mengaku tak akan mengambil langkah hukum perihal penyebar hoax terkait kenaikan tarif dasar listrik di medsos. “Enggak tahu dia dapat dari mana. Enggak ada kok (langkah hukum). Enggak ada, ya pokoknya nggak ada,” imbuhnya.
Sementara itu, hasil penelusuran terhadap artikel yang beredar tersebut membuktikan artikel yang beredar baru-baru ini ternyata adalah artikel berita yang sudah dimuat oleh situs portal berita yang sudah terbit sejak Selasa 13 Juni 2017.
Di artikel yang beredar sebenarnya sudah jelas tertulis “Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali mengalami kenaikan per 1 Juli 2017”. Angka tahun di judul berita tersebut tampaknya telah diedit oleh sang penyebar hoax menjadi tahun 2019. Namun dalam isi berita, tetap disebutkan tahun 2017. (ley/lim)

Berita Lainnya :