Hoax Gangster Samarinda


MALANG - Beredar kabar di media sosial yang meresahkan masyarakat terkait informasi soal gangster yang ingin balas dendam.Yang terbaru, kabar sejenis beredar luas di Samarinda, Kalimantan Timur. Kabar tersebut berisi pesan yang berisi adanya rombongan gangster sudah ada di Samarinda dan membunuh 60 orang laki-laki dan perempuan.
Berikut, adalah teks di media sosial yang menyebutkan soal informasi tersebut. “Ternyata tgl 22 Mei itu bukan hoax. Itu benar2 nyata. Sebab Rombongan gangster udah membunuh 60 orang laki2 dan perempuan. Dan termasuk kakaknya, teman saya udah jadi korbannya, harap tidak ada lagi korban selanjutnya.”
“Jika anda benar2 syg sma orang terdekat anda tolong sebarkan berita ini. Dan semoga kita slalu dilindungi dari mara bahaya oleh Allah SWT. Amin.” Isi pesan tersebut, dianggap menyesatkan oleh Polres Samarinda Kota. Bahkan, akun Twitter Polres Samarinda Kota, sampai memberikan klarifikasi.
Melalui akun Twitter @Polresta_SMD, kepolisian menyatakan bahwa informasi itu tidak benar dan hoax. “Beredar pesan di media sosial terkait adanya rombongan gangster sudah ada di Samarinda dan membunuh 60 orang laki-laki dan perempuan adalah informasi tidak benar alias hoax. Mari bijak bermedia sosial, saring sebelum sharing,” kicau akun tersebut.
Ungkapan ini, diamini oleh Polres Malang Kota. Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan, media sosial adalah lautan informasi. Hanya saja, kebenaran informasi di media sosial, masih harus diuji dan divalidasi sebelum mempercayai dan bahkan menyebarkannya kepada orang lain.
“Harus bijaksana bermedia sosial, tidak sembarangan membagikan informasi. Harus dicek dulu, dari media mainstream, atau pihak yang berkompeten untuk berbicara soal validitas informasi tersebut. Jangan gampang share, harus cermat dan cerdas, agar tidak jadi pelaku penyebar hoax,” tutup Marhaeni.(fin)

Berita Lainnya :