Hoax, Lahar Panas


Beberapa hari terakhir, beredar video dengan narasi bahwa di Austria lahar panas keluar dari perut bumi. Mungkin neraka merindukan penghuninya. Mari saudara/i kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
Video yang beredar itupun, langsung menjadi viral di media sosial (Medsos). Banyak netizen berkomentar. Mereka ada yang percaya dan ada yang mengatakan bahwa video tersebut hoax.
Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan dengan cara pencarian gambar terhadap tangkapan layar detik pertama video di akun sumber tersebut, ditemukan fakta bahwa kejadian di video tersebut sudah terjadi pada tahun 2018.
Kejadian lahar panas yang tampak tumpah ke jalanan tersebut juga bukan kejadian di Austria seperti klaim sumber, melainkan kejadi di Hawai, tepatnya saat gunung berapi Kilauea meletus pada bulan Mei 2018.
Gunung Kilauea meletus pada Kamis, 3 Mei 2018.  Kilauea merupakan satu dari lima gunung berapi aktif di pulau indah itu.
"Itu yg buat hoax afa blum fernah mndapat siksa dubur yg teramat ferih kah ?," komentar pemilik akun David Sihombing.
"Ciri" pengikut dajjal itu penyebar hoax atas namakan kebaikan. Pdhal buat data real saja ga usah buat data hoax. Data real aja bisa buat orang insaf atw dpt hidayah. Ini hidayah dr mana, pembodohan informasi iya, fitnah iya, dpt dosa berbohong iya," jawab pemilik akun Hasan Basri Affandi.(agp/jon)

Berita Lainnya :