Hoax Penampakan di Sidang MK


MALANG - Sebuah akun Facebook mengunggah sebuah foto tangkapan layar dari tayangan berita oleh salah satu stasiun TV swasta Ibu Kota terkait sidang sengketa hasil Pilpres. Akun dengan nama Maya Handayani tersebut menuliskan bahwa pada foto itu terdapat sebuah penampakan.
"Ada penampakan jin mata sipit, di belakang hakim MK. Saya kira editan, tapi ternyata asli lihat video @fuadbakti. Jangan2 taipan intervensi MK," caption yang ditulis oleh akun Maya Handayani mengiringi foto yang diunggahnya pada 16 Juni lalu.
Pada caption yang dituliskan oleh akun Maya Handayani ini menarasikan bahwa penampakan tersebut sebagai sosok bermata sipit berada di belakang hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Suhartoyo. Foto tangkapan layar tersebut merupakan tayangan chanel youtube tvonenews yang dipublikasikan pada 14 Juni 2019, yang ditangkap pada waktu 3:51:47 dari total durasi video sepanjang 4:35:38.
Melalui video yang diunggah oleh chanel youtube tvonenews itu, jika diamati didapati sejumlah petugas yang berada di belakang para hakim. Hal itu terlihat tak hanya di belakang hakim Suhartoyo.
Petugas yang terlihat dalam video tersebut juga terlihat menggunakan tanda pengenal. Petugas yang terlihat di belakang hakim kemungkinan adalah panitera. Salah satu Panitera di MK, Makhfud menjelaskan bahwa Panitera memiliki tugas untuk membuat resume perkara.
Selain itu tugas Panitera juga untuk menganalisis perkara, menganalisis perkara, serta mencari referensi isu hukum yang ada dalam kasus itu. Tugas tersebut membuat para Panitera beberapa kali harus mengakses para hakim di podium. Jadi, bisa dipastikan bahwa gambar tersebut bukanlah sebuah penampakan.(mg3/lim)