Hoax, Rancangan Istana Negara


MALANG – Media sosial terus menerus menghadirkan berbagai macam hoax dan disinformasi. Belum lama ini, sebuah postingan viral di media sosial Twitter. Kicauan beserta foto itu adalah mengenai postingan tentang 'Rancangan Istana Negara di Palangkaraya' setelah isu pemindahan ibukota menyeruak.
Dalam postingan itu, gambar dari rancangan atau desain Istana Negara yang dimaksud, ikut dipajang dan ditampilkan. Dari gambar ini, terlihat bahwa rancangan gedung istana negara, tampak menyimbolkan garuda pancasila. Sayap-sayapnya, terdiri dari 10 gedung, 5 di sayap kiri dan 5 di sayap kanan.
Lalu, pada bagian tameng, atap gedung bergambar lima simbol pancasila. Pada bagian bawah, tampak gedung memanjang, dengan dua gedung putih yang menyambungkan antara gedung bagian depan dengan gedung utama. Meski tampak menarik, sayangnya informasi tersebut hoax alias tidak benar.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam rilis resminya memastikan bahwa Rancangan Istana Negara di Palangkaraya yang beredar tersebut merupakan informasi hoaks. Ujaran kebohongan ini ditegaskan oleh Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam keterangan persnya.
"Tidak benar, karena foto rancangan istana negara itu merupakan proyek prestisius di era Presiden ke 2 RI Soeharto bernama Gedung Graha Garuda Tiara Indonesia," katanya. Ferdinandus Setu menjelaskan, rancangan gedung Istana itu berlokasi di daerah Cileungsi Bogor Jawa Barat.
Namun, proyek yang dimulai tahun 1995 itu telah rata dengan tanah. "Berdasarkan penampakan menggunakan citra satelit, bangunan itu sekarang sudah rata dengan tanah, dan tidak berbekas wujud bangunan yang berbentuk Garuda itu," jelas Ferdinandus. Ia menjelaskan, gambar yang viral tersebut menjadi salah satu dari 13 hoaks yang beredar sejak awal bulan Mei 2019.(fin)

Berita Lainnya :