Hoax Rekaman Audio Letusan Anak Krakatau

BELUM lama ini beredar rekaman audio di whatsapp berdurasi 1 menit 43 detik dari BMKG. Rekaman ini sempat beredar di grup-grup WhatsApp beberapa hari ini.
Rekaman audio pendek sekitar 1 menit 34 detik yang isinya memberitahukan bahwa menurut BMKG akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau.
Letusan itu akan menghasilkan gempa dengan skala 8 skala richter di wilayah Lampung dalam waktu dekat atau dalam beberapa hari atau dalam beberapa minggu ke depan. Nyatanya, informasi ini tidak benar alias hoaks.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan tak pernah menyampaikan akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung Selatan yang menghasilkan gempa dengan 8 skala richter.

Dalam rilis resmi BMKG melalui akun resmi Instagram @infobmkg disampaikan bahwa saat ini sudah mulai banyak beredar mengenai BMKG menegaskan, tidak pernah memberikan pernyataan tersebut.

Mereka juga mengimbau kepada masyarakat jika mendapat broadcast terkait audio tersebut untuk tidak menyebarluaskannya dan langsung saja dihapus agar tidak kembali membuat resah masyarakat.
Sampai saat ini terkait gempa bumi terlebih tsunami belum bisa diprediksi, jadi jika banyak beredar terkait prediksi gempa dan tsunami abaikan saja berita tersebut.
BMKG dan juga Badan Geologi terus memantau perkembangan Gunung Anak Krakatau sampai saat ini. Jadi pastikan untuk memantau perkembangan beritanya hanya dari aplikasi InfoBMKG dan aplikasi Magma Indonesia. (ica/mar)