Hoax, Video Mati Tersengat Listrik dari HP

 
Belakangan beredar sebuah video yang cukup menengangkan. Sebuah video yang berisi kejadian tewasnya warga akibat tersengat aliran listrik yang berasal dari handphone saat berada di tempat basah atau hujan.
Video berdurasi kurang lebih satu menit tersebut menggambarkan warga sedang berjalan di tengah hujan sambil memainkan HP. Kemudian beberapa menit setelahya jatuh tak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal.
Dalam video juga diberikan beberapa paragraf artikel yang menjelaskan peringatan. Berbunyi “Waspada jangan gunakan HP dan segera matikan HP anda saat hujan dan berdiri di genangan air atau banjir di sekitar tiang listrik. Karena anda dapat tersengat aliran listrik akibat induksi HP dengan energi potensial yang bisa merambat ke dalam air. Walaupun HP anda water proved/ tahan air maka bisa berakibat fatal dan kematian…”
Video dengan penjelasan HP sebagai penyebab kematian warga tersebut nyatanya Hoax. Pasalnya menurut panelusuran Malang Post, kejadian yang ada dalam video tersebut memang benar warga meninggal karena sengatan listrik. Akan tetapi bukan karena aliran listrik dari HP. Melainkan adanya sambungan listrik yang terbuka pada saat itu.
Menurut salah seorang Alumnus Fakultas Teknik Elektro, Ade Maulana juga menjelaskan, bahwa meninggal karena sengatan listrik dari HP sangat kecil kemungkinan terjadi.
“Umumnya baterai HP tegangan maksimalnya 4,3 V minimal 2,8 V bisa saja mengeluarkan listrik, tetapi tidak sampai membuat orang meninggal. Kalau kaget sih iya. Yang bahaya yang lebih dari 20 V AC atau 60 V AC. Baterai HP tidak sampai 10 V. Jadi itu Hoax,” ungkap pria yang saat ini bekerja sebagai seorang teknisi ini. (ica/lim)

Berita Lainnya :