Ibu Hamil Dilarang Makan Sate

 
IBU hamil sangat penting menjaga kondisi kehamilan yang sehat. Banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk asupan makanan. Sebab, asupan gizi dan nutrisi pada ibulah yang menentukan kualitas kehamilan.
Sehingga nantinya dapat membuat persalinan lancar dan calon bayi yang sehat.  Seringkali ibu hamil dibikin pusing dengan kondisi tubuh yang mengalami gangguan seperti timbulnya mual dan muntah. Belum lagi, beberapa makanan yang dianjurkan maupun dilarang untuk dikonsumsi bagi mereka. 
Salah satunya larangan bagi ibu yang sedang hamil untuk makan sate, benarkah? Menurut Kepala Lab Ilmu dan Teknologi Pangan FPP UMM, Dr Ir Damat MP, ibu hamil memang tidak disarankan mengonsumsi sate. 
Hal ini ditengarai pengolahannya oleh sebagian pedagang sate yang tidak benar, seperti cara memasak yang salah. Sate harus dimasak pada suhu 82 derajat celsius untuk mematikan mikroba didalamnya.  
“Kebanyakan pedagang sate salah dalam cara mengolah, khususnya saat ramai pembeli mereka membakar sate seadanya asal matang. Padahal, memasak daging khususnya bagian dalam yang aman harus mencapai 82 derajat celsius, agar semua mikroba mati kena panas,” ujar pria berkacamata itu.
Damat membeberkan, jika tidak mencapai 82 derajat celsius, daging dikhawatirkan akan terkontaminasi mikroba. Mikroba yang masih hidup pada daging sate, jika termakan oleh wanita hamil dan masuk pencernaan kemungkinan akan ada mikroba yang terlepas. Mikroba tersebut dapat menempel di janin yang dikhawatirkan akan merusak janin.  
“Jika mikroba menempel pada janin, kehamilan sang ibu akan berpotensi menyebabkan kelahiran bayi menjadi invalid atau cacat bawaan,” imbuhnya. (mg3/mar)

Berita Lainnya :