Info Sadap HP Hoax


BEBERAPA waktu lalu, di media sosial facebook maupun aplikasi chatting, beredar kabar terkait penyadapan smartphone. Dalam isi pesan tersebut menyatakan, seseorang bisa mengetahui ponselnya disadap atau tidak dengan cara menekan *#21#.
Berdasarkan informasi yang diperoleh Malang Post, berikut isi pesannya. “Kepada rekan-rekan untuk berhati-hati dari kemungkinan penyadapan nomor HP kita. Anda bisa melakukan pengecekan sekarang juga di hp anda sendiri dengan mengetik :*#21#Lalu tekan/sentuh tombol Call.
Maka akan ada respon dengan memunculkan tampilan :
Voice : Tidak diteruskan
Data : Tidak diteruskan
Faks : Tidak diteruskan
SMS : Tidak diteruskan
Paket : Tidak diteruskan
PAD : Tidak diteruskan
Sinkron : Tidak diteruskan
Tidak Singkron : Tidak diteruskan
Apabila ada salah satu yg DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor anda telah disadap!!! Semoga Bermanfaat...,"  Namun, setelah ditelusuri, ternyata kabar tersebut tidak benar alias hoax. Untuk diketahui, tombol *#21# digunakan untuk mengaktifkan call forwarding atau pengalihan panggilan.
“Dengan menekan tombol tersebut, akan mengalihkan panggilan yang masuk ke nomor utama apabila tak dapat dihubungi,” terang Pakar Keamanan dan Kriptografi Pratama Persadha.  Ia menegaskan, fitur pengalihan panggilan alias call forwarding tersebut digunakan ketika ponsel disambungkan ke saluran lain.
Seperti PTSN (telepon rumah), mailbox dan lainnya. “Kalau misalnya call forwarding otomatis aktif tanpa diketahui pengguna, besar kemungkinan merupakan aturan bawaan dari kartu SIM milik operator,” tandas dia. (tea/mar)

Berita Lainnya :