Kakek-Nenek Meninggal Saat Haji



Akun Andi Mustakim Husni mengunggah foto dan video pasangan kakek-nenek di beranda Facebooknya pada Rabu, 7 Agustus 2019. Dia menarasikan bahwa pasangan itu adalah pasangan yang sama, yakni kakek-nenek yang meninggal di Makkah, Arab Saudi.
Dalam foto pertama terlihat jenazah pasangan kakek-nenek dibaringkan bersama dan ditutup dengan kain biru hingga sebatas dada. Sedangkan foto kedua menampakkan pasangan kakek-nenek di atas kursi roda saat menunaikan ibadah haji. Kisah kakek-nenek yang menunaikan ibadah haji itu sempat viral setelah akun Twitter @Kemenag_RI mengunggah video kemesraan mereka pada 18 Juli lalu.
Pada video tersebut terlihat si kakek selalu memegang tangan istrinya seperti tidak dapat dipisahkan. Sepanjang perjalanan menuju pesawat, si kakek terus memarahi istrinya jika dirinya bergerak. Sang istri pun menurut. Ia terus diam sampai tiba di dalam pesawat.
Andi Mustakim kemudian memberikan narasi bahwa foto kakek-nenek yang meninggal di foto pertama adalah kakek-nenek yang videonya menjadi viral itu. “Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Meninggal di Makkah, suami istri yg ketika pakai kursi roda didorong tdk mau pisah. Subhanallah, terenyuh hatiku, sungguh kebesaran Allah SWT,” tulis akun Andi Mustakim.
Setelah dilakukan penelusuran, didapatkan informasi bahwa foto kakek-nenek yang meninggal itu bernama Maimunah Yunus, 70, dan Batriy Selkam, 73. Mereka adalah warga asli Jalan Cakalang, Bontoala, Makassar.
Dengan demikian, foto jenazah kakek-nenek itu bukan pasangan yang sedang menunaikan ibadah haji di Makkah. Sebab, pasangan kakek-nenek yang videonya viral itu bernama bernama Mahmud Sopamena, 86 tahun, dan Kulsum Litiloli, 75 tahun. Keduanya berasal dari Maluku.
Dikutip dari situs gema.id Sulsel, Maimunah Yunus dan Batriy Selkam meninggal dunia dalam waktu yang hampir bersamaan. Pihak keluarga menyatakan bahwa sang istri, Maimunah, meninggal dunia terlebih dahulu pada 4 Agustus lalu sekitar pukul 13.30 WITA.
Berselang kurang lebih 12 jam, sang suami, Batriy Selkam, juga meninggal dunia, tepatnya pada 5 Agustus lalu pada pukul 01.40 WITA. Batriy Selkam meninggal karena menderita kanker tulang. Sedangkan Maimunah meninggal karena mengalami kanker otak. Jazad keduanya dimakamkan di kampung halamannya di Pangkep, Sulawesi Selatan.
Informasi mengenai meninggalnya pasangan Batriy Selkam dan Maimunah pertama kali juga viral di media sosial. Pengunggahnya adalah akun Ndorobeii di Instagram pada 5 Agustus 2019. Akun itu mengunggah foto jenazah dengan narasi, Kisah Nyata Cinta Sehidup Semati di Tanah Makassar.(imm/lim)