Kedutan Mata Karena Stres


 
Hampir semua orang pernah mengalami mata kedutan. Lantas, banyak yang mengatakan jika mata kedutan pertanda akan mendapatkan rezeki atau akan menangis. Tidak ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut di era milenial ini, namun justru fakta medis yang menunjukkan jika mata kedutan justru seseorang sedang bermasalah dengan kesehatannya.
"Memang ada mitos yang mengatakan mata kiri kedutan katanya mau menangis. Kalau mata kanan, mitosnya ada yang sedang merindukan atau mendapatkan rezeki. Tetapi tidak ada fakta yang bisa membuktikan mitos tersebut," ujar Praktisi Medis Bala Keselamatan, Merysa Kurniawati.
Justru fakta yang sesungguhnya benar jika mata kedutan, baik di sisi kiri atau kanan, menunjukkan kalau seseorang sedang bermasalah dengan kesehatannya. Tubuh sedang mengalami gangguan ringan, terutama pada saraf.
"Biasanya lebih faktor kurang tidur atau dilanda stres, yang berujung pada gangguan saraf dan mata kedutan. Di sekitar mata terjadi kontraksi otot yang tidak terkontrol," paparnya.
Dia mengatakan, jika keadaan sering maka solusinya adalah istirahat. Sebab, selain stres, mata kedutan yang dalam istilah medis disebut blepharospasm, seseorang dipastikan memiliki waktu tidur yang kurang. 
"Dari ahli kesehatan memastikan jika kedutan pada mata itu karena stres, kelelahan dan kurang tidur. Tidak ada cara lain selain tidur, minimal tujuh jam dalam sehari. Ketika sudah mengantuk, jangan meminum kopi, tetapi lebih baik tidur," tandas dia. (ley/jon)

Berita Lainnya :