Keliru, Diet Hanya Makan Buah


MEMILIKI tubuh sehat dengan bodi ideal menjadi dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan bodi ideal, diet  ketat pun dilakukan. Tak sedikit orang melakukan diet dengan metode beragam. Salah satunya yaitu menggunakan metode tidak makan nasi.
Metode ini kerap digunakan karena mereka percaya makan nasi yang mengandung karbohidrat tinggi, membuat tubuh mudah gemuk. Sebagai gantinya, mereka hanya mengkonsumsi buah-buahan.
Dianggap bawa mengonsumsi buah saja tanpa diiringi dengan mengonsumsi makanan lain sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.  Namun demikian, pilihan hanya mengkonsumsi buah-buahan saja tidaklah tepat, bahkan cenderung keliru.
dr Canggih Sakinah Hans SH MBA, mengatakan mengkonsumsi banyak buah tanpa ada selingan lain akan membuat tubuh kurang nutrisi. Dia menyebutkan buah-buahan bukan makanan yang dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak, apalagi berlebihan.
"Setiap harinya, tubuh seseorang membutuhkan banyak nutrisi. Seperti karbohidrat, protein dan lemak. Untuk memenuhi nutrisi itu tak bisa hanya mengkonsumsi buah-buahan saja," kata Ketua Umum Malang Care Indonesia ini.
Dia pun mengatakan kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan tubuh merasa sangat lapar, dan menjadi lemah.  "Dalam kondisi tubuh yang sangat lapar itu tak dipungkiri akan mendorong seseorang makan lebih banyak atau dengan jumlah yang lebih besar," tambahnya.
Bukan itu saja, dengan kekurangan nutrisi, tubuh juga menjadi lemah, serta mudah terserang penyakit. "Apalagi buah-buahan juga banyak mengandung zat asam, sehingga saat dikonsumsi dengan berlebihan, maka akan mempengaruhi kesehatan lambung," tambahnya.
Bapak satu anak ini menekankan jika ada yang ingin memiliki tubuh ideal, kunci utamanya adalah menjaga pola makan, dan olahraga teratur. "Tidak dilarang makan nasi, atau makan-makanan mengandung karbohidrat asalkan porsinya tak berlebihan," katanya.
Dia menyebutkan porsi makan yang berlebihan inilah yang membuat tubuh menjadi gemuk. Karena kandungan makanan tak bisa semuanya dapat dicerna, dan kemudian mengendap menjadi lemak.
"Pada intinya, jangan hanya mengkonsumsi buah-buahan untuk mendapatkan tubuh ideal atau saat diet. Tapi lebih pada menjaga pola makan dan olahraga teratur. Konsultasi juga kepada ahli gizi," tandas dia. (ira/mar)

Berita Lainnya :