Kerupuk Babi Berlabel Halal


MEDIA SOSIAL kembali heboh dengan postingan foto makanan, sejak beberapa hari ini. Kali ini yang ramai dibicarakan adalah sebuah foto panganan bernama kerupuk Babi samcam khas Tubanan.
Dalam postingan foto, disertai narasi sebagai berikut. 'Innalillahi wa inna ilaihi roji'un, musibah apalagi ini, kok ada krupuk kulit babi berlabel halal'. Postingan itupun juga telah dibagikan 7347 kali.
Narasi lainnya adalah, hanya di rezim ini ada babi pake label halal yang hanya dimiliki otoritasnya oleh MUI. Postingan yang diupload pemilik akun Rudi Handoko ini, juga sudah 1578 kali dibagikan.
Namun berdasarkan penelusuruan dari berbagai sumber, foto kemasan krupuk yang berstampel halal itu adalah hasil editan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Faktanya, tidak ditemukan krupuk dengan merk tersebut yang memasang label halal pada situs-situs yang menjual makanan oleh-oleh.
Foto tersebut adalah foto yang telah melalui proses editing karena apabila dibandingkan dengan foto produk yang asli tidak tampak logo halal.
Terkait dengan postingan itu, banyak netizen yang berkomentar. "Kripik babi halal bagi yg memakainya..bagi yg tidak mau makan ya tak masalah..apakah gambar ini hoax.???," komentar pemilik akun Sih Purwono.
"Kerupuk babi kok halal. Mikir aja pakai akal sehat, udah tau babi yaudah gausah dibeli wkwkwkw," timpal Felix Gabriel, pemilik akun lainnya.(agp/lim)