Kuliah Online Tak Murah dan Mudah


Malang Post, Era digital saat ini telah merambah dunia pendidikan begitu luar biasa. Pasalnya, dengan perkembangan teknologi, kegiatan perkuliahan tak perlu lagi tatap muka. Dengan kuliah online yang kini mulai tren menjadi pilihan tersendiri ditengah masyarakat. Sebagian masyarakat juga menilai apapun yang serba online akan lebih mudah, termasuk kuliah. Apa benar kuliah online tergolong mudah dan murah?
Menurut Pakar Pendidikan Unisma, Dr Nur Fajar Arief MPd mengaku tak benar jika kuliah online tersebut murah dan mudah. Hal ini ditengarai infrastruktur sarana dan prasarana pada pendidikan tinggi juga membutuhkan kelayakan dan standar dengan harga yang juga tak murah. Meski pelaksanaannya mudah, namun banyak hal yang harus dipersiapkan dengan baik.
“Kalau dinilai murah, kurang benar karena sarananya juga harus dilengkapi sesuai standar. Sedangkan dinilai mudah juga tidak begitu, karena sistemnya juga perlu dipersiapkan. Potensi pendidikan tetap harus dua hal yang sejalan yakni pengetahuan dan nilai,” ujar mantan dekan FKIP Unisma ini.
Pendidikan mencakup transfer of knowledge dan transfer of value. Sistem online dapat melakukan transfer of knowledge tetapi belum mampu transfer of value karena kehilangan komponen perilaku budaya yang didapat dari bersemuka secara konvensional.
“Kita kan tahu hampir 70 persen keberhasilan individu ditentukan sosial quationnya. Nah itu hanya didapat dari pendidikan konvensional. Kedua, lulusan tidak sebanding kecuali yang online ada sistem tatap mukanya juga,” imbuhnya. (ita/jon)


Berita Lainnya :

loading...