Masker Bawang Bisa Kurangi Gas Air Mata

 
Foto seorang anak laki-laki mengenakan 'masker bawang' menjadi viral di media sosial. Pasalnya dalam foto tersebut dijelaskan jika masker bawang yang digunakan mampu untuk mengurangi efek dari gas air mata yang ditembakkan oleh tentara Israel.
Dengan penjelasan tersebut, tentunya membuat banyak pengguna sosial media yang menanyakan kebenarannya. Khusunya, masker bawang yang dapat mengurangi efek gas air mata. 
Ketua Umum Malang Care Indonesia, dr Canggih Sakina Hans S.H MBA menjelaskan, jika bawang memiliki asam sulfenik yang tercampur dengan enzim. Di mana asam sulfurik ini yang malah membuat mata terasa perih dan menghasilkan air mata keluar.
"Jadi tidak benar jika masker dengan bawang tersebut dapat mengurangi efek dari gas air mata. Contohnya sudah jelas, saat mengiris bawang saja mata kita malah mengeluarkan air dan menyebabkan iritasi pada mata," ujar Canggih kepada Malang Post.
Ia menguraikan, keluarnya air mata dikarenakan sel-sel pada bawang yang diiris akan pecah dan mengeluarkan enzim yang memproduksi gas yang disebut propanethial sulphoxide. Ketika gas itu mengenai mata, secara tidak langsung akan bereaksi dan mengeluarka n air mata atau yang bisa disebut memproduksi asam bernama sulphuric acid dalam kadar ringan.
"Jadi tidak benar jika daun bawang atau bawang bisa mengurangi efek dari gas air mata. Malah sebaliknya, dari kandungan yang dimiliki akan akan menyebabkan mata kita mengeluarkan air dan iritasi," pungkasnya. (eri/jon)

Berita Lainnya :