Minyak Tanah Sembuhkan Asam Urat, Hoax


Belum lama ini, di beberapa media sosial, seperti facebook, twitter hingga instagram, beredar informasi bahwa ramuan minyak tanah, garam dan es batu dapat dipakai untuk sembuhkan asam urat serta kondisi medis lainnya. Dalam postingan tersebut, juga disebutkan bahwa seseorang hanya perlu merendam kaki di ramuan tersebut setiap hari.
Isi pesan tersebut kurang lebih seperti ini: Begini cara mengobati penyakit asam urat, kolestrol, tekanan darah tinggi. Bahan yang digunakan, minyak tanah 1 liter, garam dapur 1 bungkus dan es batu 2 bungkus dihancurkan. Ketiga bahan tersebut kemudian diaduk dalam tempat seperti foto di atas. Lalu, rendam kaki sampai semampu kita menahan rasa sakitnya. Hal tersebut diulang trus sampai 4 kali setiap hari. Selamat mencoba.
Setelah ditelusuri, kabar tersebut tidak sepenuhnya benar alias hoax. Keberadaan informasi tersebut langsung diklarifikasi halaman stophoax.id yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat (10/5).
Dalam website tersebut, dijelaskan bahwa tidak ada bukti penelitian ilmiah bahwa ramuan minyak tanah dapat menyembuhkan asam urat, kolesterol, hingga darah tinggi. "Kabar tersebut tidak benar. Belum pernah ada kajian ilmiah terkait hal tersebut," papar Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam website tersebut.
Berdasarkan keterangan ahli kesehatan, pengobatan alternatif tersebut terkadang melabrak aturan medis yang terutana dalam pengobatan modern. "Kami pastikan, kabar tersebut tidak benar. Ketika masyarakat menemukan informasi apapun, harus dikroscek terlebih dahulu. Jangan sepenuhnya percaya," kata dia.(tea/jon)

Berita Lainnya :