Paket Narkoba Berlabel COD


Sebuah foto begambar sebuah paket dengan label COD mendadak viral. Foto tersebut menyebar ke media sosial, terutama di grup-grup WhatsApp. Viralnya foto ini bukan tanpa alasan, karena di foto tersebut juga disertai keterangan yang mengejutkan. Dimana paket yang ada dalam foto itu dikirim dari China, dan penerima paket tidak pernah memesan barang. Bukan itu saja, dalam keterangan foto itu juga dijelaskan, paket yang dikirim itu merupakan salah satu upaya dari jaringan narkoba untuk mengedarkan narkoba.
Begitu keterangan lengkap yang ditulis dalam foto paket berlabel COD. ’Dapet Info dr Jogya, bahwa mulai ada paket2 yg dikirim ke rumah2, ke toko2 & ke kantor, akan terus berdatangan COD tsb. Katanya dr China. Padahal sipenerima tdk pernah order barang.
Hati2 ini penipuan, sindikat narkoba!
Nanti kalau kita tolak, bilang kita gk order ini barang, sipengantar akan meminta kita difoto bersama orderan barangnya, katanya untuk konfirmasi ke China.
Jangan mau difoto, biar ngotot maksa, pun jangan mau difoto. Ini
Ini Pemerasan jaringan narkoba!
Tolong info ini semua saudara/i & teman!’
Viralnya foto ini pun mendapat respon dari warganet. Tidak sedikit dari mereka kemudian memberikan respon. Ada yang mengatakan, bahwa zaman sekarang banyak hal yang mengerikan. Ada juga yang hanya menjawab dengan imo dua tangan merapat pertanda ucapan terima kasih.
Seiring dengan viralnya foto ini, Kasubag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan, viralnya foto paket berlabel COD, bukan hal baru. Beberapa bulan lalu pihaknya juga menerima. Dia sendiri mengaku belum mengetahui isi dari paket tersebut. Tapi yang jelas di Kota Malang belum pernah terjadi. ”Kami belum pernah mendapatkan laporan tentang paket seperti ini. Tapi demikian, karena ini bentuknya peringatan, maka warga pun harus waspada dan jangan menerima paket secara sembarangan,’’ ungkapnya.
Dia juga meminta masyarakat tidak resah dengan paket. Kalau memang tidak pernah memesan, warga bisa membawa dan menyerahkan paket itu ke pihak yang berwajib.(ira/lim)