Perpanjangan SIM Gratis 20 September Hoax

 
INFORMASI tentang perpanjangan SIM gratis terus menyebar melalui berbagai media sosial (medsos). Terbaru dikabarkan  pelayanan perpanjangan SIM gratis pada Kamis (20/9) mendatang. 
Dalam pesan singkat yang beredar, tertulis, “Dalam meningkatkan pelayanan Polri  kepada masyarakat, maka Polri akan menggelar pelayanan perpanjangan SIM gratis. Layanan Perpanjangan SIM Gratis ini diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.”
Berdasarkan informasi yang beredar, perpanjangan secara gratis meliputi SIM A, SIM B, SIM B1, juga SIM C. Perpanjangan SIM gratis digelar selama satu hari, digelar di Polres masing-masing daerah. Dalam pesan tersebut, penyebar informasi menuliskan, syarat untuk mengikuti perpanjangan SIM gratis yaitu membawa KTP dan KK. 
Kabar tentang perpanjangan SIM gratis yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat ini ternyata hanyalah informasi sesat. Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro membantah kabar itu saat  dikonfirmasi Malang Post. 
Galang mengatakan, Polri tak pernah menggelar program perpanjangan SIM gratis. 
”Itu hoax. Tidak ada program perpanjangan SIM gratis,’’ kata Galang. 
Dia mengingatkan, saat ini banyak informasi bohong yang beredar. Tak terkecuali mencatut instansi tertentu termasuk Polri. Karena itulah, ia mengimbau warga agar tak langsung percaya informasi yang tak sebutkan sumber resmi dan kebenarannya diragukan.  
”Jangan langsung percaya. Cek dulu kebenarannya, sebelum kemudian ikut menyebarkan,’’ imbau Galang.  
Mantan Kasatlantas Polres Batu ini menyebutkan  pelaku memiliki motif tertentu untuk menyebarkan berita hoax. Salah satunya menimbulkan keresahan warga. ”Sekali lagi, jangan terlalu percaya dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya,’’ tandas Galang. (ira/van)

Berita Lainnya :