Sakit Gigi, Tempelkan Bawang Putih Dipergelangan Tangan


Beredar sebuah unggahan yang menerangkan manfaat dari menempelkan bawang putih ke pergelangan tangan yang mampu meredakan nyeri pada saat sakit gigi. Konten tersebut diunggah oleh akun facebook Bakol Kopi Angkringan yang dilengkapi dengan contoh penggunaan bawang putih yang direkatkan pada pergelangan tangan.
"Dengan seizin Allah, begitu dipraktekin langsung sembuh Alhamdulillah. Yang menderita sakit gigi menahun seperti suami saya monggo dipraktelkan. Baput digeprek tempelin di pergelangan tangan. Pale lakban biar ga lepas," terang akun facebook Bakol Kopi Angkringan dalam unggahannya.
Pada unggahan tersebut juga dijelaskan, jika bagian gigi yang sakit adalah bagian kanan, makan bawang putih harus dipasang pada pergelangan tangan sebelah kiri. Begitu pun juga sebaliknya. Bawang putih setidaknya bisa ditempelkan selama 15 hingga 20 menit. Dengan menempelkan bawang putih dengan cara itu, diklaim bisa menghangatkan sekujur badan.
"Enak katanya anget-anget di badan ampe keringetan malem2 gini. Berasa sehat katannya. Algamdulillah pokoknya, ada pengganti obat-obatan kimia," lanjut keterangn unggahan tersebut.
Namun info tersebut ternyata dibantah oleh pendiri Difa Oral Health Center Jakarta drg. Widya Apsari Sp. P.M yang menjelaskan bahwa secara medis penempelan bawang putih pada pergelangan tangan tak memberikan pengaruh apa pun terhadap peredaan nyeri pada saat sakit gigi.
Sakit gigi besar dipengaruhi oleh saraf di gigi, yakni saraf trigeminal dan tak ada hubungannya sama sekli dengan saraf yang terdapat pada pergelangan tangan. Lebih lanjut diterangkan oleh Widya bahwa menempelkan bawang putih pada pergelangan tangan hanya mengalihkan rasa sakit.
"Sakit gigi muncul karena adanya karies atau lubang gigi yang mencapai lapisan pulpa atau saraf gigi," jelasnya.
Lantaran jika terlalu lama menempelkan bawang putih terutama pada kulit sensitif, maka akan muncul rasa perih bahkan melepuh atau rasa terbakar. Jadi bisa dipastikan bahwa menempelkan bawang ke pergelangan tangan untuk meredakan sakit gigi adalah hoaks.
Bawang putih disebutkan mengandung antiseptik yang sangat baik. Tapi untuk penggunaan langsung pada gigi sebagai obat sakit gigi tentu sama sekali tidak dianjurkan.(Mg3/jon)