Tak Ada Embun Es di Padang Savana Bromo


BELAKANGAN ini suhu sejumlah di wilayah Indonesia mengalami penurunan dan sangat dingin. Akibatnya, banyak berkembang kabar muncul fenomena alam berupa embun es di sejumlah daerah. Termasuk di media sosial tepatnya Twitter, juga ramai informasi tentang adanya fenomena embun es di wilayah Padang Savana area Gunung Bromo.
Fenomena alam terjadinya embun es di tempat tersebut dituliskan oleh salah satu akun twitter. Akun itu memposting sebuah foto yang bergambar rumput membeku es diklaim tempatnya di Padang Savana Bromo. Akun itu, juga menuliskan status “Suhu Dingin di Indonesia sebabkan embun sebabkan Fenomea Embun Es di Padang Savana Bromo”.
Namun, kabar terjadinya fenomena alam di Padang Savana Bromo dibantah Relawan Tagana Kabupaten Malang wilayah Poncokusumo, Ali Usman. Menurutnya, belum ada laporan fenomena embun es di tempat tersebut. Apalagi dia mengawasi secara berkala dan terus mengupdate kondisi di wilayah Desa Ngadas dan sekitar Gunung Bromo.
“Belum terjadi fenomena embun es di Padang Savana Bromo. Kondisi di tempat itu masih kondusif dan belum ada peringatan tentang embun es,” ujar Ali Usman kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, fenomena alam embun es baru terjadi di area pegunungan Dieng Jawa Tengah. Dia menduga postingan foto di akun twitter itu dari Dieng.
“Kalau sekilas saya lihat, foto itu bukan di Padang Savana Bromo. Kondisi pegunungan di Padang Savana Bromo, tidak ada rumah seperti di foto itu,” tuturnya.
Selanjutnya dia mengimbau kepada masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi yang kurang terpercaya sumber serta kebenarannya.
“Tentunya informasi seperti itu jangan dipercaya begitu saja. Atau jangan ditelan mentah-mentah. Lebih baik dikonfirmasi kebenarannya kepada kami atau pihak lainnya yang berkompeten,” pungkasnya. (big/jon)


Berita Lainnya :

loading...