Tambah Stamina, Istirahat yang Cukup


KONDISI tubuh lelah dan lesu karena beraktifitas berlebihan, membuat seseorang mencari cara untuk mengembalikan stamina. Banyak diantaranya memilih beristirahat, atau tidur untuk mengembalikan stamina.
Namun tidak sedikit dari warga kemudian memilih minum minuman energi untuk membuat stamina bertambah. Mereka juga percaya, minum-minuman energi meningkatkan rasa percaya diri.  Namun, fakta tak menyebutkan minuman energi tersebut menambah stamina.
Sebaliknya, minum minuman energi yang berlebihan justru memicu penyakit diabetes, dan obesitas akibat kandungan gula dalam minuman. Bukan itu saja, minum minuman energi juga berisiko terhadap gangguan saraf, jika dikonsumsi secara terus menerus.  
"Kandungan kafein yang ada pada minuman berenergi memicu jantung berdebar lebih cepat. Ini yang sering dianggap warga stamina bertambah. Padahal bukan. Efeknya pada gangguan saraf," kata Ketua Umum Malang Care Indonesia, dr Canggih Sakinah Hans SH MBA.
Dia juga menyebutkan, mengkonsumsi minuman energi berlebih juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Salah satu studi oleh Steinke dan kolega menunjukkan peningkatan tekanan darah sistolik sebesar 11 persen atau sekitar 10 mmHg setiap mengonsumsi minuman berenergi per hari.
Efeknya terhadap seseorang dengan riwayat atau risiko penyakit jantung adalah gagal jantung yang menyebabkan kematian. “Kafein yang nerlebihan juga bisa menyebabkan seseorang sulit tidur atau insomnia,” kata Canggih.
Dia mengatakan jika semua minum-minuman berenergi mengandung kafein, dengan kadar yang berbeda. dan semua minuman berenergi juga mengandung gula dengan kadar yang berbeda.
“Ada juga di kemasan minuman berenergi menyebutkan minumannya aman untuk pengidap diabetes, ini harus dilakukan pengkajian ulang. Karena semua minuman berenergi mengandung gula maupun turunannya,” tambahnya.
Lantaran itulah, Canggih pun menyarankan kepada seluruh masyarakat tidak tergantung pada minum-minuman berenergi. Jika ingin mengembalikan stamina, cara yang paling tepat adalah dengan istirahat yang cukup. (ira/mar)

Berita Lainnya :