Tidur Miring ke Kiri Timbulkan Masalah Kesehatan

 
Pada tautan yang cukup viral di media sosial, utamanya facebook dan instagram, ada beberapa unggahan yang menyebutkan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri bisa menimbulkan masalah kesehatan.
Alasannya, posisi jantung dan organ tubuh paling penting lainnya berada di sebelah kiri. Sehingga, ketika tidur dalam posisi miring, bisa menekan jantung dan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.  Apalagi, tidur malam membutuihkan waktu yang cukup panjang, minimal 7 hingga 8 jam. Namun, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.
Pendiri Malang Care, dr Canggih Sakina Hans SH MBA mengungkapkan, secara anatomis, posisi jantung memang terletak di rongga dada sebelah kiri. Sehingga, cukup beralasan jika muncul alasan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri akan memberikan tekanan berlebih pada jantung.
“Sayangnya, anggapan tersebut tidak memperhitungkan susunan organ di dalam tubuh. Tubuh manusia sudah dirancang sedemikian rupa agar jantung selalu terlindungi dalam posisi apapun,” ungkap dia.
Canggih menuturkan, tulang iga yang menutupi jantung sangat kuat. Selain itu, antar organ yang ada juga memiliki celah dan tidak membahayakan kesehatan.
“Jadi tidak perlu khawatir jantung kenapa-kenapa. Tekanan pada jantung baru berbahaya jika berasal dari impact atau benturan keras, misalnya saat terjadi kecelakaan,” jelas dia.
Bahkan, pada beberapa sumber mengatakan, tidur posisi miring ke kiri bermanfaat untuk mncegah penyakit maag, mengatasi mendengkur, meningkatkan sirkulasi darah dan memperlancar pencernaan.(tea/jon)

Berita Lainnya :