Udang dan Vitamin C Tak Kandung Arsenik


 
ANDA pernah makan udang? Pernah juga mengkonsumsi vitamin C? Jika anda mengkonsumsinya dengan bijak, maka makanan tersebut akan memberi asupan gizi yang baik bagi tubuh. 
Namun, masih ada saja informasi hoax yang menyebut bahwa udang yang dikonsumsi bersama vitamin C, bisa beracun ke tubuh. Dalam sebuah artikel yang muncul di dunia maya, disebutkan ada seorang wanita yang tiba-tiba meninggal.
Darah keluar dari telinga, hidung, mulut dan matanya. Setelah diotopsi, wanita tersebut didiagnosa meninggal karena keracunan arsenik. Polisi pun melakukan investigasi mendalam. Seorang profesor dari sekolah medis, diundang untuk membantu mengungkap kasus itu. 
Profesor tersebut mengamati isi perut dari wanita yang keracunan. Dalam waktu setengah jam, misteri itu terpecahkan. Menurut sang profesor, vitamin C dalam tubuhnya, bereaksi dengan porsi besar udang saat makan malam.
Diklaim, peneliti dari Universitas Chicago Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa makanan dari hewan seperti Udang mengandung komponen potassium arsenik yang tinggi. Ketika dikonsumsi bersama vitamin C, komponen arseniknya bereaksi dan memunculkan zat beracun bagi tubuh.
Arsenik hasil reaksi vitamin C dan udang, bisa menyebabkan pembuluh darah meletus. Di akhir artikel ini, disebutkan warganet jangan memakan udang sambil mengkonsumsi vitamin C. Praktisi medis Persada Hospital Malang, dr Nanang Tri Wahyudi SpKO membantah keras informasi artikel ini.
“Arseniknya dari mana, itu jelas hoax. Reaksi kimia yang jelas dari makan udang dan vitamin C ya merasa enak, kenyang dan sehat kalau dikonsumsi berimbang,” ungkap dr Nanang kepada Malang Post. 
Menurut pria yang juga dokter tim Arema FC itu, udang tidak akan bereaksi secara fatal jika bertemu dengan vitamin C di dalam tubuh.
“Tidak ada teorinya itu, kalau arsenik sendiri memang ada di mana-mana, tapi dalam jumlah kecil sehingga tidak berbahaya,” tutup dr Nanang. (fin/mar)

Berita Lainnya :