Aktif Penanggulangan Bencana


AKSI kemanusiaan merupakan salah satu aksi nyata Glamour. Anggotanya pernah membantu korban bencana alam di berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya tsunami Aceh, letusan Gunung Merapi, letusan Gunung Kelud, korban hilang di Gunung Semeru dan sebagainya.

Selain itu juga membantu tugas tim SAR maupun Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mencari orang hilang dan menangani bencana alam.
Karena itulah seluruh calon anggota komunitas harus dibekali kemampuan tentang misi kemanusiaan di berbagai situasi dan kondisi. Di antaranya mendaki gunung, memanjat tebing, melakukan pencarian orang hilang dan melakukan penyelamatan.
“Semua calon anggota wajib menjalani diklatsar, supaya mereka memiliki kemampuan tersebut,” kata Senior Glamour, Helmi Kurnia.
Karena seringnya menjadi bagian dari kegiatan tim SAR, Glamour acap kali mendapat permintaan pelatihan dari berbagai lembaga. Bahkan, Glamour turut menangani ekstrakurikuler pencinta alam yang berada di sekolah. Di antaranya di SMK Muhammadiyah Kepanjen, SMK Islam Kepanjen, SMK Taman Siswa Kepanjen, dan SMAN Pagak. Selain itu, berkolaborasi dengan tim SAR, BPBD dan PMI untuk menyelenggarakan pelatihan SAR.  

“Banyak anggota senior dari komunitas ini bergabung dalam Basarnas dan tim SAR lainnya. Sehingga, kami bisa melakukan pelatihan penyelamatan,” tuturnya.
Selain itu, kata Helmi Kurnia, seluruh pelatih maupun instrukutr telah memiliki sertifikat. Sehingga, memang sangat berkompeten untuk melakukan diklatsar di alam terbuka.
Meski sudah memiliki kompetensi, pihaknya tetap menggandeng tim SAR, Basarnas, PMI dan BPBD.
“Kami harus tetap berkolaborasi dengan beberapa lembaga lainnya. Selain itu, juga bertukar pikiran terkait dengan program kemanusaiaan,” tutupnya. (big/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :