Malang CBR Owner: Utamakan Setia Kawan, Saling Tukar Wawasan

MCO merupakan wadah berkumpulnya para penggemar motor CBR seri  250 CC RR. Komunitas ini didirikan pada 7 Juli 2017. Visi yang diusung yakni menghindari kesan geng motor yang terstigma negatif dan identik dengan kekerasan. Sedangkan misinya  menjadikan komunitas ini sebagai wadah interaksi sesama bikers.
Ketua MCO Ardian Aditama mengatakan, sudah sejak Januari 2017 mencari anggota yang aktif dan bisa diajak berteman. “Kami sudah lama punya wacana untuk membuat klub ini. Tapi baru bisa terwujud pada 7 Juli kemarin,” katanya.  
Komunitas ini mencari anggota yang solid. Sebab salah satu prinsip MCO yakni mencari anggota atau kawan baru. Karena itulah soliditas dalam pertemanan sangat dibutuhkan. “Kalau tidak solid dan tidak bisa berkomitmen untuk membangun komunitas ini, kami tidak mau,” ungkap dia.
Karena berpegang pada prinsip soliditas dan pertemanan yang erat, MCO kini terus eksis. “Sejak berdiri, kami memang sudah mempunyai komitmen bersama untuk menjadikan komunitas ini bukan hanya sebagai ajang berkumpul saja. Namun juga interaksi sesama bikers,” papar Ardian. Awal berdiri, lanjut dia, ada tujuh orang yang tergabung di MCO. Walau baru berdiri, anggota komunitas ini terus bertambah. “Sekarang sudah ada 14 orang. Walau sedikit, tapi kami selalu solid,” kata dia.
Ia mengaku, sejak awal berdiri, anggota MCO memang sudah mempunyai kesamaan sehingga sangat mudah untuk membangun kebersamaan. Menurut Ardian, suatu perkumpulan atau komunitas tidak akan berumur panjang jika anggotanya hanya menumpang absen, tanpa adanya komitmen dan rasa solidaritas.
Menjadi anggota baru MCO harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Setiap anggota baru harus mengikuti kopi darat (kopdar) minimal tiga kali. Setelah mengikuti kopdar selama tiga kali, baru bisa dianggap sebagai anggota tetap. 
Lebih lanjut ia menjelaskan, jika anggota baru hanya mengikuti kopdar satu kali, belum bisa dipastikan loyalitas serta kesungguhan mengikuti komunitas ini. “Karena sekali lagi saya bilang, kami mencari keluarga baru di komunitas ini. Kecocokan bisa ditentukan kalau sudah minim tiga kali kopdar,” terangnya.
Mekanisme pendaftaran sebenarnya tidak rumit. “Kalau mau mendaftar bisa langsung di tempat kopdar atau di acc stiker untuk ambil formulir pendaftarannya,” kata dia. (sin/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :