Penahitam, Menggambar sambil Mengikat Persaudaraan

PENAHITAM chapter Malang mewadahi siapa saja yang suka menggambar. Komunitas ini merupakan ruang interaksi dan berkarya para seniman gambar. Mereka punya banyak aktivitas, salah satunya Kelas Menggambar. Di Penahitam ini pula setiap anggotanya menjalin persaudaraan.

Dalam sejarahnya, Penahitam  merupakan sebuah taman bermain, berteman dan berkarya yang dibentuk pada 21 Januari 2011 di Kota Malang. Rizqi Arga Hning Buana, salah satu anggota Penahitam mengatakan, komunitas ini didirikan empat anak muda Kota Malang. Yakni Rio Krisma, Pain Sugar, Mutant Komando, dan Muchlis Huda. Empat sahabat karib itu punya kegemaran yang sama yaitu menggambar. Kemudian dikembangkan melalui media jejaring sosial dalam memamerkan karyanya.
Komunitas ini dibentuk sebagai wadah untuk saling bertukar informasi dengan tujuan belajar, berbagi serta berteman lewat karya khususnya drawing.
Sistem keanggotaannya tak terbatas sekat suku, ras, agama, gender maupun golongan.  Ini merupakan manivestasi perayaan seni untuk siapapun. Anggotanya berasal dari berbagai kalangan dan latarbelakang. Dengan rata-rata usia 17 tahun hingga 35 tahun. Tak hanya dari berbagai kota di Indonesia, anggota Penahitam juga tersebar di Malaysia, Singapura, Ukraina dan UK. “Saat ini jumlah anggota yang aktif untuk berkomunikasi sekitar 200 orang,” terang Risqi.
Penahitam selalu mengadakan kegiatan rutin. Di antaranya belajar dan berkarya bersama. Salah satu tempatnya di Pondokan Penahitam di Kota Batu tiap dua minggu sekali. “Hingga saat ini setiap 2 minggu sekali Penahitam chapter Malang berkumpul untuk sekadar ngobrol dan juga membuat kelas rutin mengenai struktur dasar seni hingga dasar anatomi,” katanya.  Risqi yang juga salah satu pengisi materi Kelas Menggambar ini mengatakan, siapapun bisa ikut  bergabung baik itu dari kalangan akademisi atau otodidak tanpa batas. Penahitam juga menerbitkan karya bersama dalam bentuk Fanzine yang telah terbit 3 edisi. Sekarang mereka sedang menyusun edisi ke 4.
Penahitam tak hanya sebatas drawing, tetapi juga musik, buku dan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan. Namun saat ini yang aktif berjalan adalah Kelas Menggambar.

Berita Terkait

Berita Lainnya :