Pahit Segar Es Kopi Lava


MALANG – Es kopi yang sedang digemari menjadi andalan di kedai Kopilava. Kedai yang berada di jalan Candi Panggung Barat Gang 3 No. 3K Malang ini punya andalan Es Kopi Lava. Karakteristik dari varian Es Kopi Lava tersebut yakni kopi blend antara Arabika dan Robusta, sehingga rasa kopi cenderung pahit dan asam. Meskipun disajikan bersamaan dengan freshmilk namun pahit asli lebih dominan. Itulah yang membedakan dengan menu kopi di kedai lainnya.
"Selain rasa setiap sajian es kopi lava juga dibubuhi bubble jadi terkesan lebih nikmat dan pilihan rasa kopinya ada original, coklat, vanilla, red valvet, strawberry, moca, greentea, taro," ungkap owner Kopilava, Aloysius Yulianus.
Dalam satu porsinya, es kopi lava dibandrol sangat terjangkau yakni Rp 11 ribu. Customer juga bisa request tanpa menggunakan bubble.
Bila pada umumnya es kopi susu lebih menonjolkan rasa manis susu, Kopilava konsisten mempertahankan pahitnya kopi. Kedai yang buka sejak 25 Mei 2018 ini banyak disasar kalangan pelajar dan mahasiswa, terlebih harga semua varian sangat terjangkau.
"Proses pembuatan minuman kopi sendiri Kopilava menggunakan alat espresso moka pot saja," terang Luis, sapaan akrabnya.
Menariknya, bahan kopi di Kopilava selain asli dari Malang juga beberapa didiperoleh dari beberapa daerah di Indonesia khususnya Jawa Timur. Sang owner sendiri setiap bepergian jalan-jalan selalu menyempatkan membeli kopi dari daerah yang dikunjungi terlebih apabila memiliki kekhasan tersendiri.
Hal tersebut dilakukan agar customer juga dapat merasakan keunikan kopi dari daerah lain serta mengusir kebosanan. Selain es kopi lava, pengunjung juga bisa menjumpai menu laris lainnya seperti kopi lumpur, yakni semacam kopi tubruk.
"Kopi lumpur kami juga dominan pahit, kental manisnya tidak terlalu kentara, karena kami ingin menyajikan kopi yang benar-benar terasa pahitnya sehingga tidak menghilankan esensi dari sebuah kopi itu sendiri," tegasnya.
Selain minuman ada beberapa snack yang bisa dijadikan teman menyeduh kopi. Harga minuman mulai Rp 6 ribu sampai Rp 13 ribu sedangkan snack kisaran Rp 3 ribu hingga Rp 10 ribu.
"Enaknya di kami juga kedai buka mulai pukul 10.00 pagi sampai lelah, bahkan tak jarang customer di sini sampai pagi pernah juga sampai jam 09.00 pagi, Kopilava tidak akan menyuruh mereka pulang," tutupnya kepada Malang Post. (lin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :