Memadukan Sistem Pendidikan Salaf dan Modern


 
MALANG - Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Mubtadiin yang berada di Jalan KH Yusuf No 1 Desa Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang merupakan dari cikal-bakal berdirinya Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Hidayatul Mubtadiin. Pesantren tersebut didirikan pada 1972 oleh Al-magfurllah K.H. Agus SalimMahfud Yusuf, yang akrab disebut Gus Fud.
Pada 1989, beliau mendirikan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Hidayatul Mubtadiin. Atas kesabaran dan kegigihan beliau, Yayasan Hidayatul Mubtadiin berkembang dengan pesat. Yayasan ini, kini menaungi Pesantren Hidayatul Mubtadiin Putra-Putri dan empat lembaga pendidikan formal. Yaitu Taman kanak-kanak (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) serta Yayasan Yatim Piatu.
Selepas kepergian Gus Fud, yang menggantikan sebagai pengasuh pesantren hingga saat ini adalah putra beliau, KH. Ahmad Toha Mahfudz, yang dikenal dengan panggilan Gus Toha. Dibawah kepemimpinannya, YPI Hidayatul Mubtadiin semakin maju. Banyak prestasi yang telah diukir para santri baik santri mukim maupun non mukim. 
Sejak didirikan, YPI Hidayatul Mubtadiin mempunyai visi menyelenggarakan pendidikan berwawasan keislaman yang Salafy dengan menejemen modern yang khalafy (modern). Sedangkan misi YPI Hidayatul Mubtadiian adalah mengembangkan nilai-nilai keislaman Ahlussunah Wal Jamaah melalui pendidikan formal dan informal pada masyarakat yang berwawasan rahmatan lil alamiin.
Sistem pendidikan yang dikembangkan di YPI Hidayatul Mubtadiin menggunakan sistem pendidikan salaf-modern. Yaitu sistem pendidikan yang dikembangan dengan memadukan sistem pendidikan salaf dengan sistem pendidikan modern (formal).
Sistem pendidikan salaf yang masih kental diterapkan dipondok pesantren, dan sistem pendidikan modern yang dikembangkan di sekolah formal dengan mengacu pada kurikulum dari Kementerian Agama dari tingkan Taman kanak-kanak (TK) sampai Madrasah aliyah (MA). 
Dengan perpaduan sisitem pendidikan salaf-khalaf (modern) yang dikembangkan YPI Hidayatul Mubtadiin diharapkan para santri dan siswa Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Hidayatul Mubtadiin mampu menjadi generasi Islam yang  berkepribadian luhur (berakhlak mulia), cerdas, kreatif, terampil dan berwawasan luas serta mampu mengikuti  perkembangan ilmu pengetahuani dan teknologi. (imm/udi)