Renovasi Sumur Zamzam Selesai Sebelum Ramadan

 
MAKKAH - Kepala kepresidenan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, mengatakan pengerjaan proyek renovasi sumur Zamzam akan selesai sebelum bulan Suci Ramadan. Kini lebih dari 250 insinyur, teknisi, dan buruh, dengan  didukung oleh 11 derek, bekerja sepanjang waktu untuk membangun renovasi saluran air sumur  Zamzam.
“Setiap bagiannya akan berukuran 8 meter dan panjangnya 120 meter,’’ kata Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais. 
"Sekitar 50 persen pekerjaan telah selesai dan kemajuannya berjalan dengan baik,"  tambahnya kepada surat kabar Al-Madina Arab Saudi setelah melakukan peninjauan di lokasi proyek.
Pekerjaan proyek itu akan selalu berhenti setengah jam sebelum panggilan untuk waktu salat. Dan dilanjutkan segera setelah salat. Mesin untuk menggali dan sisa beton  beton Zamzam yang lama itu, sementara truk besar membawa puing-puing keluar dari masjid.
Proyek yang dimulai tiga setengah bulan yang lalu ini dilakukan di bawah pengawasan ketat kepresidenan dan akan selesai dalam waktu tiga setengah bulan sebelum bulan puasa Ramadan. Ssat itu  sejumlah besar peziarah akan mengunjungi Makkah untuk umrah.
Sejak awal proyek, badan keamanan telah mencegah peziarah — kecuali orang-orang di ihram —  memasuki daerah mata (sekeliling) di sekitar Ka'bah. Para eziarah Umrah yang mengenakan pakaian ihram saja yang diizinkan tampil thawaf di tingkat dasar, sedangkan pengunjung lainnya tampil thawaf di tingkat atas. Tawaf juga tidak diperbolehkan di atap masjid saat crane beroperasi sebagai tindakan pencegahan.
Peziarah umrah bisa masuk Masjidil Haram melalui gerbang nomor 94, 93, 89, 88, dan 87. Mereka akan diarahkan untuk melaui  jalan baru yang menuju mataf (tempat tawaf).
Proyek sumur Zamzam memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah membangun lima transits air yang berada dari sisi timur mataf. Sedangkan bagian kedua melakukan  sterilisasi air dan menghilangkan partikel beton serta  besi dari daerah sekitar sumur.
"Tahap kedua proyek ini bermaksud untuk memurnikan air sejauh mungkin dari bahan berbahaya. Ini juga akan meningkatkan arus keluar air Zamzam, "kata seorang pejabat yang dekat dengan kepresidenan kepada Al-Madina.
Sheikh Al-Sudais mengatakan bahwa proyek renovasi air Zamzam menyoroti sikap ketegaran pemerintah untuk memperbaiki fasilitas dan layanan bagi peziarah haji dan umrah. Selin itu untuk melindungi sumur Zamzam yang bersejarah. (rep/det/udi)

Berita Lainnya :