Selama Ramadan, Masjid Jami’ Menyediakan Buka Bersama

MALANG – Menyemarakkan bulan Suci Ramadan 1439 Hijriyah, Masjid Agung Jami’ Malang selain mengisi dengan berbagai kegiatan, juga menyediakan takjil dan nasi untuk buka bersama para jamaah masjid yang menjalankan ibadah puasa. Rencananya, nasi dan takjil ini akan disediakan mulai hari ini.Ketua Umum Takmir Masjid Agung Jami’ Malang, KH Drs. Zainuddin A. Muhith mengatakan, menyediakan nasi dan takjil selama bulan puasa Ramadan itu sudah rutin dilaksanakan. ”Kalau sejak kapannya, saya lupa. Tapi yang jelas menu buka puasa dan takjil ini disediakan secara gratis,’’ katanya.
Ditemui di ruang kerjanya kemarin, Zainuddin mengatakan untuk tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Takmir Masjid Agung Jami’ menyediakan sekitar 500 porsi. ”Tidak semuanya dari kita, juga ada dari jamaah maupun partisipan,’’ ungkapnya.
Menurutnya, jumlah itu dipastikan akan bertambah pada Sabtu dan Minggu. Alasannya, pada hari Sabtu dan Minggu banyak warga yang jalan-jalan di Alun-Alun, dan mereka salat di Masjid Agung Jami’.
Tak hanya menyediakan makanan untuk buka puasa, Masjid Agung Jami’ juga menggelar beragam kegiatan, selama Ramadan. Diantarannya, Kuliah Subuh. Dikatakan, Kiai kelahiran tahun 1939 ini, Kuliah Subuh digelar mulai hari pertama puasa. Pengajian tersebut menghadirkan nara sumber para tokoh di Kota Malang. Seperti Danrem 083/Bdj, Kapolres Malang Kota, Rektor UB, Rektor UIN Maliki, Rektor UM dan Rektor Unisma, serta beberapa nara sumber lainnya dari para kiai, habaib dan ustadz.
Selain kuliah Subuh, di Masjid Agung Jami’ juga digelar manasik haji gratis. Rencananya manasik haji digelar mulai Senin (21/5) mendatang. ”Kami juga menggelar Pesantren Ramadan untuk siswa SMA dan SMK, serta pengajian menjelang Maghrib,’’ tambah Kiai Zainuddin.
Dia pun mengatakan, rangkaian kegiatan ini tak berubah dengan tahun-tahun sebelumnya. Karenanya dia berharap, Ramadan tahun ini lebih semarak dan banyak jamaah yang datang ke Masjid Jami’ untuk beribadah serta mencari berkah Ramadan. (ira/udi)

Berita Lainnya :