Malang Post Pewarta Kebenaran


Pewarta kebenaran menjadi kata yang tepat disandang Malang Post. Pada usia ke 21 tahun ini, Korane Arek Malang ini, diharapkan tetap menjadi pewarta fakta. Penyebar kebenaran dan penyeimbang informasi yang ada di Bhumi Arema.
Apresiasi ini pantas disandangkan pada pejuang-pejuang media, yang hingga saat ini tetap eksis dan bertahan pada prinsip jurnalistiknya. Yakni memberikan fakta dan memberi pencerahan pada masyarakat untuk kepentingan publik.
Eksistensi Malang Post ini, menjadi salah satu bukti bahwa media cetak masih diterima dan dipercaya masyrakat.
Apa yang selama ini ditulis teman-teman Malang Post memiliki fungsi edukasi yang besar. Hal ini sangat baik, mengingat pembelajaran ternyata tidak hanya dapat diambil dari wadah institusi pendidikan dan lainnya.
Fungsi edukasi menjadi peran besar media. Edukasi masyarakat saat ini menjadi hal penting. Karena warga masyarakat terus digempur dengan informasi yang serba cepat namun kurang terfilter. Hoaks menjadi musuh bersama saat ini.
Melalui literasi tulis, warga masyarakat, khususnya mereka yang masih berusia belia dan sedang mengembangkan pikiran dan pendapatnya, bisa memiliki pedoman dan pengarah. Apa yang dilakukan Malang Post mungkin tidak besar, di mana produk jurnalistik berupa artikel atau tulisan menjadi hal utama.
Akan tetapi, betapa baiknya jika seorang yang membaca dapat mengamalkan informasi dan fakta yang didapat di sebuah media. Kemudian menjadi terinspirasi dan menyebarkan manfaat dan kebaikan tersebut.
Inilah peran-peran penting media. Harapannya, media besar seperti Malang Post dapat terus berjalan sesuai dengan koridor dan  arah fungsinya ketika dilahirkan sebagai insan pers.
Tidak hanya gempuran informasi serba cepat saja. Media massa, khususnya Malang Post juga tidak boleh tersesat dalam kepentingan satu atau dua pihak saja. Hal ini juga turut menjadi kekhawatiran publik bagaimana media bisa dijadikan “alat” kelompok tertentu.
Keseimbangan antara pemangku kepentingan, diharapkan dapat secara netral disajikan dalam berita atau produk jurnalistik yang dihasilkan.
Keseimbangan inilah yang menjadi nilai berharga bagi insan pers. Untuk Malang Post kami yakin segala kepentingan hanya bermuara pada satu kelompok saja. Yakni kepentingan masyarakat banyak.(*)

* Oleh : KH Marzuki Mustamar
Ketua PWNU Jawa Timur