Rumah Galeri Perabotan Zaman Belanda


PULUHAN barang peninggalan zaman dulu tertata rapi di ruang tamunya.  Mulai dari piring, lemari, lampu hingga brangkas berukuran sekitar 1 meter x 50 centimeter peninggalan zaman Belanda. Barang-barang kuno ini merupakan koleksi Rahayu Widuyanti, SE, MM.  MMSI sang pemilik rumah.
Tentu saja,  tamu yang mengunjungi rumahnya dimanjakan dengan pemandangan aneka barang antik. Tak hanya barang peninggalan Belanda,  beberapa di antaranya produk Inggris.
Ditemui Malang Post di rumahnya di Merjosari, wanita ramah ini mengatakan,  kecintaannya pada barang-barang antik ditularkan mendiang sang suami. Sejak menikah,  tahun 1997, Yayuk, sapaan akrabnya  mulai menyukai barang-barang kuno. "Awalnya memang suami saya yang senang,  terus akhirnya saya juga ikut senang," ucapnya.  
Mulai sejak itulah,  Yayuk mulai mengoleksi barang-barang kuno. Untuk mendapatkan barang yang diincarnya,  ia rela pergi ke berbagai kota.  "Selama ini masih sekitar Jawa Timur. Seperti Mojokerto,  Jember dan Banyuwangi," paparnya.
Beberapa jenis barang koleksi Yayuk,  antara lain setrika kuno,  gelas dan ceret,  lampu teplok,  kursi dan meja, lukisan,  jam bandul dan  brankas kuno. Selain itu juga ada kapstok, guci, pintu,  lemari,  ranjang dan berbagai barang jenis pecah belah produksi Cina kuno.  Beberapa di antaranya juga terbuat dari marmer. Rata-rata barang antik miliknya dibuat sekitar tahun 1800- an.